Purjono Agus Suhendro berbincang dengan Chief Marketing & Sales MerahPutih.id Aning Wulandari

10
PURJONO AGUS SUHENDRO Editor in Chief TechnoBusiness Indonesia

Aning Wulandari, Chief Marketing & Sales PT IP Network Solusindo (IPNet Solusindo), perusahaan pengembang webmail merahputih.id, di Jakarta, Senin (11/9), menceritakan tentang latar belakang kehadiran webmail merahputih.id, kelebihannya dibanding layanan e-mail global, dan strateginya dalam menggaet pengguna.

 

Sebenarnya apa yang melatarbelakangi merahputih.id hadir?

Pada dasarnya, merahputih.id hadir untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah maju di sektor digital dan kita sebagai anak Indonesia mampu membuat karya digital yang berkualitas dan tak kalah dengan karya masyarakat internasional.

 

Merahputih.id menawarkan layanan webmail. Apakah masih potensial? Bukankah e-mail sudah dikuasai Gmail dari Google dan Yahoo! Mail buatan Yahoo?

Kalau dari sisi potensi, saat ini layanan e-mail, termasuk di Indonesia, memang dikuasai oleh Gmail dan Yahoo. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016, dari total 132,7 juta pengguna internet, 81,8 jutanya menggunakan layanan Gmail dan 43,6 jutanya menggunakan Yahoo. Jadi, kami melihat potensi yang besar di sektor ini.

ANING WULANDARI, Chief Marketing & Sales PT IP Network Solusindo (MerahPutih.id)

Lalu, apa yang ditawarkan merahputih.id?

Sebagai penyedia layanan e-mail pertama milik Indonesia, merahputih.id tidak hadir untuk menantang keberadaan dua raksasa tersebut, tapi kami hadir atas kesadaran akan pentingnya memiliki identitas bangsa dalam dunia internet, khususnya layanan e-mail.

Jadi, ketika seseorang menggunakan akun, misalnya kartika@merahputih.id, maka komunitas internet akan tahu bahwa Kartika adalah orang Indonesia. Inilah yang kami sebut identitas diri yang mencerminkan identitas bangsa lewat dunia digital.

Prototyping webmail merahputih.id sudah dimulai sejak awal 2017. Berkat dukungan dari Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular, anak perusahaan PT Telelomunikasi Indonesia Tbk.), webmail merahputih.id telah melakukan soft launch pada Mei 2017 di Batam.

 

Sejak pertama kali diperkenalkan, bagaimana pencapaiannya sampai saat ini?

Sejak soft launch pada Mei 2017, pengguna merahputih.id terus meningkat. Respons masyarakat Indonesia sangat positif. Saat ini, rata-rata lebih dari 1.000 orang per hari membuat akun webmail merahputih.id. Tentu angka tersebut memacu kami untuk terus meningkatkan performa layanan agar kualitas pengalaman pengguna semakin baik, baik dari sisi kemudahan, keamanan, maupun kecepatannya.

Kalau pengguna sudah menikmati layanan e-mail merahputih.id, otomatis akan timbul rasa kecintaan dan kebanggaan, bahkan semangat nasionalisme untuk menggunakan karya digital anak bangsa.

 

Grafik: Demografi pengguna webmail merahputih.id saat ini

 

Layanan webmail merahputih.id sudah menjangkau seluruh kota di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, dengan pengguna terbanyak berasal dari Jakarta (41,6%), Surabaya (15,8%, dan Medan (7%).

 

 

 

 

Mengubah orang dari yang sudah nyaman menggunakan Gmail untuk mau juga memakai webmail merahputih.id jelas tidak mudah. Bagaimana strateginya?

Inovasi produk digital terus berkembang seiring perkembangan teknologi, pembangunan infrastruktur yang meningkat, koneksi internet yang semakin cepat dan merata ke semua daerah di Indonesia. Ini menjadi peluang dan tidak menutup kemungkinan perusahaan-perusahaan lainnya akan membuat produk dan layanan sejenis karena pasarnya masih terbuka luas. Sebagai pelopor di Indonesia, tentunya ini menjadi keunggulan buat kami.

Pertama, strategi kami tentu saja mengedepankan keunggulan produk, antara lain fitur yang user friendly, reliable, dan gratis. Pengguna akan mendapatkan kapasitas inboks e-mail sebesar 50 GB atau lima kali lipat lebih besar daripada yang diberikan pemain asing. Juga, kapasitas ukuran lampiran e-mail sampai dengan 100 MB.

Kedua, dari segi pemasaran, kami melakukan kerja sama dengan banyak pihak untuk memperkenalkan merahputih.id dan menjaring pengguna baru. Misalnya, kerja sama kami dengan Telkomsel. Sebagai operator seluler terbesar dengan 157,4 juta pengguna dan akses jaringan hingga ke pelosok daerah, kerja sama ini berpotensi besar untuk menarik pengguna baru merahputih.id.

Ketiga, dari sisi teknis, dengan hadirnya merahputih.id, beban biaya bandwith penggunaan internet internasional akan berkurang karena layanan e-mail-nya ada di Indonesia. Jadi, lebih efektif dan efisien.

 

Seberapa besar peran Telkomsel terhadap merahputih.id?

Sebagaimana telah saya sampaikan sebelumnya bahwa kerja sama dengan Telkomsel memiliki peranan yang strategis. Dukungan jaringan mobile Telkomsel menjadi kepercayaan besar serta kebanggaan bagi kami sebagai perusahaan teknologi informasi (TI) lokal.

Selain itu, kerja sama ini juga memperkuat peranan teknologi digital dalam membangun model bisnis yang mengedepankan kepentingan pengguna dalam hal TI seperti kekuatan jaringan, aplikasi, pusat data, dan infrastruktur yang semuanya dikelola di Indonesia.

Di samping itu, ini juga memperkuat komitmen Telkomsel dalam menjaga kedaulatan digital Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan memberikan dukungan kepada perusahaan TI lokal untuk mengambil peran membuka akses komunikasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Setiap perusahaan mesti menghasilkan profit. Lantas, bagaimana model bisnis atau cara monetisasi merahputih.id untuk meraih profitnya?

Produk ini masih dalam pengembangan. Jadi, kami belum memonetisasi layanan ini. Ke depan, iklan digital akan menjadi salah satu revenue stream bagi produk kami.

 

Target merahputih.id ke depan seperti apa?

Kami berharap kehadiran webmail merahputih.id tak hanya memberikan pilihan akses dalam mengirimkan e-mail bagi masyarakat Indonesia, melainkan juga dipilih dan dipercaya menjadi pilihan utama untuk layanan e-mail di negeri sendiri.

Target lain, nantinya kami ingin setiap anak Indonesia yang menggunakan e-mail merahputih.id punya rasa memiliki dan bangga dengan akun mereka. Mereka tak hanya sebagai pengguna layanan e-mail buatan Indonesia, tapi juga ikut andil dalam memajukan industri digital di Tanah Air. Jadi, merahputih.id dapat menjadi identitas bangsa dan memajukan negeri untuk mencapai kedaulatan digital.

Layanan webmail ini juga merupakan tahapan awal dari produk yang kami luncurkan dan ke depan akan terintegrasi dengan beberapa produk lain seperti penyimpan data, group chatting, news portal, IPTV, marketplace, dan collaboration messenger.●