Sprint Asia Technology menawarkan enam layanan komunikasi digital yang wajib digunakan perusahaan saat ini.
● “Kami memiliki layanan one stop solutions.”

 

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Ketatnya persaingan bisnis membuat perusahaan-perusahaan harus berpikir jauh lebih keras dalam mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelayanan yang lebih bagus.

Pada era digital seperti sekarang ini, pelayanan yang bagus bisa jadi amat bergantung pada kekuatan teknologi yang digunakan. Teknologi itu bisa dimanfaatkan untuk, misalnya menawarkan produk baru, mengampanyekan program promosi yang sedang berjalan, dan lain sebagainya.

SETYO HARSOYO, CEO PT SPRINT ASIA TECHNOLOGY

Biasanya perusahaan-perusahaan yang memiliki pelanggan dalam jumlah banyak seperti perbankan, ritel, e-commerce, dan sejenisnya membutuhkan teknologi komunikasi digital semacam itu.

Nah, tahukah Anda bahwa salah satu perusahaan penyedia layanan komunikasi digital yang terintegrasi di Indonesia itu ternyata PT Sprint Asia Technology? Sprint Asia adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang sudah berdiri sejak 2000.

Dari tiga layanan bisnis utama Sprint Asia, ada satu yang menarik, yakni Sprint Digital 360. Dua lainnya, yaitu payment gateway, dan mobile payment. Sprint Digital 360 cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan perbankan, ritel, dan sejenisnya karena memiliki aneka ragam layanan komunikasi digital yang terintegrasi.

Layanan-layanan yang ditawarkan Sprint Digital 360 antara lain short message service (SMS), e-mail, unstructured supplementary service data (USSD) push, social messaging, mobile digital ads, dan mobile coupon. Layanan yang disediakan oleh Sprint Asia sebanyak itu telah terintegrasi satu sama lain.

“Kami memiliki layanan one stop solutions untuk kebutuhan komunikasi digital. Benar-benar one stop solutions. Mengirimkan pesan promosi lewat SMS bisa, USSD bisa, social messaging bisa, mobile coupon juga bisa,” ujar Setyo Harsoyo, CEO PT Sprint Asia Technology, di kantornya, Jakarta, belum lama ini.

Pertama, SMS. SMS untuk promosi ini sudah dikembangkan sejak 2004, termasuk di dalamnya SMS LBA, SMS targeted, SMS promosi, SMS OTP, dan SMS notifikasi.

Bukan hanya SMS, tapi juga mobile messaging service (MMS), display banner, native ads, dan interactive voice response (IVR). Layanan ini dapat mengubah target audiens menjadi konsumen hanya dalam beberapa detik.

 

“Tidak hanya lengkap, tapi kami juga menjamin bahwa layanan kami yang terbaik. Itu boleh dibuktikan.”

—SETYO HARSOYO, CEO PT SPRINT ASIA TECHNOLOGY

 

Kedua, e-mail marketing. Layanan e-mail yang ditawarkan Sprint Asia tidak hanya  berfungsi untuk mengirimkan surat kepada pelanggan, tapi lebih dari itu bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalisasi pesan melalui formatnya, dipersonalisasi sesuai demografi, dan follow up e-mails (e-mail sebagai pengingat agar konsumen penyelesaikan pembelian).

Ketiga, USSD Push. Fitur ini berupa layanan notifikasi dalam bentuk pop-up pada ponsel. Fitur ini menyuguhkan data kepada pelanggan secara instan, real-time, dan aman.

Keempat, social messaging. Sprint Asia mengembangkan chatbot untuk ditanamkan di social-social messaging seperti Line, Telegram, dan Facebook Messenger. Fitur ini berfungsi untuk mempermudah perusahaan dalam berkomunikasi dengan konsumennya, menggunakan basis teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Kami mengembangkan chatbot karena ini akan menjadi the next apps. Sebab, chatbot lebih simpel dan tidak perlu mengunduhnya,” ungkap Setyo menjelaskan.

Kelima, Mobile Digital Ads. Mobile Digital Ads ini merupakan layanan yang mengantarkan iklan secara digital kepada layar-layar ponsel pintar bersistem operasi Android dan IOS yang tertarget. “Misalnya, ada produsen yang mau menjual produknya kepada wanita usia 25-35, kami bisa mem-broadcast-nya sesuai target itu,” katanya.

Mobile Digital Ads Sprint Asia bisa menyasar konsumen di satu area tertentu.
Bisa pula, iklan itu diatur agar muncul di layar saat ponsel Android pelanggan sedang tidur (idle) alias tidak digunakan. Saat ini, Sprint Asia telah bekerja sama dengan lebih dari 150.000 aplikasi di seluruh dunia untuk menyebarkan iklan digital tersebut.

Keenam, Mobile Coupon. Layanan ini diberi nama Kasih-Kasih. Jika sebelumnya ada perusahaan yang membagikan voucher belanja kepada pelanggannya dalam bentuk cetakan, kini bisa dilakukan secara digital. Voucher digital ini bisa digunakan layaknya voucher fisik hanya dengan memindai atau mengetikkan kodenya di kasir.

Contoh lain, apabila ada satu bank yang ingin memberikan reward kepada pelanggannya, mereka tinggal menyampaikan kepada Sprint Asia bahwa bank tersebut akan membagikan, misalnya voucher belanja, kepada semua nasabah yang hari ini menaikkan saldonya dua kali lipat. Voucher ini bisa diberikan dalam bentuk digital.

Menariknya, semua layanan tersebut saling terintegrasi satu sama lain. Jadi, seumpama ada satu perusahaan yang mem-blast pesan lewat SMS tapi ternyata banyak yang tidak terima, tidak membacanya, atau bounce, pesan itu bisa dikirim kembali melalui e-mail marketing. Begitu pun sebaliknya, jika lewat SMS dan e-mail tetap tidak dibaca, bisa ditindaklanjuti dengan social messaging.

“Kami memiliki one stop solution untuk kebutuhan komunikasi digital perusahaan,” ungkap Setyo yang bergabung dengan Sprint Asia sejak 2006 itu. “Tidak hanya lengkap, tapi kami juga menjamin bahwa layanan kami yang terbaik. Itu boleh dibuktikan.”

Karena berbekal teknologi yang terintegrasi dan komitmen layanan yang terbaik, Sprint Asia tidak mau terpengaruh dengan harga murah yang ditawarkan kompetitornya. Prinsipnya, bagaimana mau memberikan pelayanan yang berkualitas jika margin yang diterimanya tidak cukup untuk melakukan pengembangan teknologi dan penguatan sumber daya manusia.

Saat ini, Sprint Digital 360 telah digunakan oleh lebih dari 300 perusahaan dari berbagai line of business, mulai dari bank, asuransi, e-commerce, food and beverage, airlines, ritel, dan lain-lain.
Sepertinya kesadaran perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam mempromosikan produknya belakangan ini sudah semakin besar. Lihat saja jumlah pelanggan Sprint Asia yang naik lebih dari 50% pada 2017 dibanding 2016.● Adv

 

PT Sprint Asia Technology
Jalan Raya RS Fatmawati No. 7
Gandaria Utara, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12140
Telp: (021) 2700678
Faks: (021) 2700679
E-mail: info@sprintasia.co.id