• Masyarakat cenderung lebih mempersiapkan masa liburannya ketimbang sebelumnya.
  • Itu berarti leisure economy benar-benar terjadi.

 

Jakarta, TechnoBusiness ID Mister Aladin, salah satu online travel agency terkemuka di Indonesia, memprediksi pemesanan hotel pada tiga bulan pertama 2018 akan naik 40% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kenaikan itu sesuai dengan prediksi banyak analis yang mengatakan bahwa tren ke depan yang berkembang adalah leisure economy.

Baca Juga: Gilkor, Teknologi Pengukur Tingkat Keramaian Pusat Belanja

Untuk itu, jika diperhatikan, begitu ada long weekend, masyarakat langsung berduyun-duyun berlibur. “Menurut data yang kami miliki, banyak konsumen sudah memesan hotel untuk liburan long weekend pada Februari dan Maret,” ungkap Chief Operating Officer Mister Aladin Nitha Sudewo di Jakarta, Kamis (25/1).

Itu artinya, saat ini masyarakat cenderung lebih mempersiapkan (well-prepared) untuk liburan ketimbang sebelumnya. Sehingga itu dimanfaatkan oleh agen-agen perjalanan wisata untuk menawarkan promo-promo menarik, tak terkecuali Mister Aladin.

Pada 25 Januari-4 Februari ini saja, misalnya, Mister Aladin memberikan promo diskon senilai Rp750.000-Rp1 juta per transaksi. Meski jumlah wisatawan naik dan promo-promo yang ditawarkan biro perjalanan wisata semakin menarik, Bandung, Yogyakarta, Bogor, dan Bali tetap menjadi destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi.●

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID Foto-Foto: Mister Aladin