Jakarta, TechnoBusiness ID ● Anda ingin berlibur ke luar negeri tapi takut tak memperoleh santapan halal? Tenang, sekarang ada Sofia, sebuah teknologi robot chat (chatbot) yang siap membantu Anda untuk menemukan makanan halal di mana pun Anda berlibur.

Baca Juga: Cara Milenial Amerika Sambut Liburan Musim Panas 2018

Fitur chatbot Sofia itu ditambahkan ke dalam Have Halal, Will Travel (HHWT), platform konten yang membantu wisatawan muslim untuk melakukan perjalanan dan menemukan makanan halal tanpa pemandu wisata.

Selain menargetkan kaum muslim di Negara Barat dan Timur Tengah, kini HHWT juga mengincar lebih dari 9 juta wisawatan muslim dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Destinasi-destinasi populernya antara lain Hong Kong, Jepang, Melbourne, dan Korea Selatan.

Untuk mempermudah pengunjung mendapatkan informasi, HHWT menambah fitur Sofia, chatbot yang didukung oleh teknologi komputasi awan Azure dan Language Understanding Intelligence Services (LUIS) dari Microsoft.

Nama Sofia diperoleh berdasarkan hasil survei pengguna. Sebagaimana customer service, Sofia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai perjalanan, termasuk pencarian makanan halal di berbagai belahan dunia, dalam 24 jam setiap harinya.

“Kami menciptakan Sofia, sederhananya karena orang-orang menanyakan kepada kami pertanyaan-pertanyaan yang kami rasa dapat dijawab dengan mudah melalui otomasi,” ungkap Mikhail Goh, pendiri HHWT yang kini tinggal di Singapura.

Proses pembuatannya pun relatif singkat. Sebab, selain teknologi yang disediakan Microsoft, HHWT juga menggandeng PleoData. “Menurut saya, salah satu keuntungan terbesar menggunakan Microsoft Azure adalah QnA Maker,” kata Rachel Tan, Managing Director PleoData Pte Ltd.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Microsoft