Jakarta, TechnoBusiness ID Dewasa ini, persaingan bisnis semakin ketat. Untuk memenangi persaingan, setidaknya perusahaan-perusahaan harus melakukan dua hal: meningkatkan kualitas produk atau layanan sekaligus melakukan penghematan dan memperluas jangkauan ke pasar baru.

Baca Juga: Mengenal Kecanggihan Teknologi Sprint Digital 360

Untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan seraya melakukan penghematan, salah satu jawabannya yaitu dengan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. Seperti kita ketahui, penggunaan teknologi mampu mendorong perusahaan untuk semakin produktif tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar, tapi justru lebih efisien.

SETYO HARSOYO, CEO PT Sprint Asia Technology, pengembang chatbot Jumienten

Dalam layanan pelanggan, belakangan ini kita mengenal teknologi chatbot atau yang dikenal pula dengan sebutan chatterbot, bot, IM bot, talkbot, interactive agent, atau Artificial Conversational Entity. Platform tersebut merupakan hasil pengembangan program komputer berbasis kecerdasan buatan untuk melakukan percakapan, baik melalui metode pendengaran maupun tekstual.

Sesuai karakternya, chatbot didedikasikan untuk membantu proses layanan pelanggan (customer service) sebuah perusahaan. Saking canggihnya, teknologi tersebut mampu menggantikan customer service bertenaga manusia. Chatbot bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan mengenai produk ataupun layanan perusahaan.

Demikian juga dengan Jumienten, chatbot keluaran PT Sprint Asia Technology, ini. Jumienten, chatbot yang dirilis perusahaan one stop solution untuk bisnis komunikasi digital dan teknologi finansial (fintech) di Jakarta pada 5 April 2018 lalu ini mampu bekerja melayani pelanggan 24 jam penuh sepanjang hari.

Ikon chatbot Jumienten

Setyo Harsoyo, CEO PT Sprint Asia Technology, mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi chatbot jauh lebih efisien ketimbang staf manusia. “Sebab, satu chatbot mampu melayani 500 pelanggan dalam waktu bersamaan, bahkan bisa lebih,” katanya. “Bandingkan dengan satu agen layanan pelanggan konvensional yang hanya bisa menangani satu pelanggan.”

Lebih dari itu, untuk bisa melayani pelanggan secara nonstop, perusahaan harus merekrut agen dalam jumlah banyak dan bekerja secara bergantian (shift). Sedangkan dengan chatbot Jumienten tidak. Artinya, dari sisi pengeluaran untuk sumber daya manusia pun dapat ditekan sekecil mungkin. Ini penting mengingat menekan pengeluaran menjadi salah satu cara perusahaan untuk tetap bertahan dan memenangi persaingan.

Sekalipun Jumienten bukan manusia, tak perlu khawatir terhadap kualitas layanannya. Sebab, chatbot ini terintegrasi dengan dasbor analitik canggih yang terus memantau bagaimana performa dan adaptasi layanan kepada perilaku pengguna.

Semakin sering berinteraksi dengan pengguna, chatbot Jumienten akan semakin pintar dan canggih. Sebab, chatbot Jumienten dibekali machine learning yang tertanam di dalamnya. Teknologi natural language processing-nya pun mampu memahami apa yang dikatakan pelanggan dengan menganalisis konteks dan arti setiap kata.

“Sebab, satu chatbot mampu melayani 500 pelanggan dalam waktu bersamaan, bahkan bisa lebih.”

—SETYO HARSOYO, CEO PT SPRINT ASIA TECHNOLOGY

 

Untuk itu, Jumienten cocok menjadi chatbot layanan pelanggan perusahaan-perusahaan yang memiliki pelanggan besar seperti perbankan, asuransi, e-commerce, dan lain sebagainya. Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang berkomitmen ingin menggunakan chatbot ini, tapi sayangnya Setyo belum mau menyebutkan perusahaan apa saja.

“Kami menargetkan puluhan pelanggan akan menggunakannya tahun ini. Apalagi, dengan chatbot ini perusahaan-perusahaan dapat menghemat biaya customer service hingga 39%,” ungkap Setyo.

Untuk penggunaannya, Jumienten juga mudah diintegrasikan dengan existing system sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengimplementasikannya. Bahkan, sebagai perusahaan business to business, Sprint Asia Technology mempersilakan jika ada perusahaan yang ingin menggunakan nama selain Jumienten untuk teknologi chatbot-nya ini.●Adv

PT Sprint Asia Technology
Jalan Raya RS Fatmawati No. 7
Gandaria Utara, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12140
Telp: (021) 2700678
Faks: (021) 2700679
E-mail: info@sprintasia.co.id