Home NEWS UPDATE GADGET Ili Translator, Teknologi Penerjemah Bahasa untuk Turis

Ili Translator, Teknologi Penerjemah Bahasa untuk Turis

0

Hong Kong, TechnoBusiness ● Anda ingin bepergian ke banyak negara, tapi tak bisa bahasa setempat? Tenang, teknologi terbaru ini akan membantu Anda mengatasi persoalan tersebut.

Ili Translator, nama teknologi ini, merupakan satu dari 13 inovasi desain pemenang perhargaan DFA Design for Asia Awards dari berbagai wilayah Asia yang diselenggarakan oleh Hong Kong Design Center tahun ini.

Baca Juga: Jumienten, Chatbot Canggih dari Sprint Asia Technology

ili Translator termasuk keluarga gadget yang berfungsi untuk menerjemahkan percakapan secara offline. Cara kerjanya tidak memerlukan internet dan mampu menerjemahkan dalam waktu 0,2 detik.

Bahasa yang bisa diterjemahkan antara lain Inggris ke Jepang, Inggris ke Spanyol, dan Inggris Mandarin. Temuan pertama di dunia ini dinilai cukup sempurna bagi pelancong yang suka mencari perjalanan unik dengan lokasi menarik yang hanya diketahui oleh penduduk setempat.

Teknologi yang langsung viral di media-media sosial ini dikembangkan oleh perusahaan Jepang Longbar. Perancang produk di Longbar Kato Kyoichiro mengatakan, “Kami merevolusi cara orang bepergian dengan sains dan teknologi.”

Seperti kita ketahui, turis cenderung menggunakan aplikasi seluler untuk terjemahan saat hendak berkomunikasi di luar negeri. Tapi, cara itu membutuhkan waktu lama untuk mengaturnya, dan pengguna cenderung mengabaikan kontak mata dengan lawan bicara. “Itu dapat menyebabkan interaksi yang aneh dan tidak alami,” kata Kato.

Pada Juli lalu, penjualan pertama ili Translator dari Longbar langsung terserap 10.000 unit hanya dalam tiga hari. Perangkat ini diyakini bakal semakin laris manis seiring dengan tren pasar yang menyukai jalan-jalan belakangan ini.●

—Abra Mathew, TechnoBusiness/PRN ● Foto-Foto: Longbar