Jakarta, TechnoBusiness ID · Media sosial (medsos) menyumbang 35,3% layanan data bagi Telkomsel. Persentase itu menjadikan medsos sebagai penyumbang layanan data tertinggi bagi operator telekomunikasi seluler terbesar di Tanah Air itu.

Penyumbang kedua yaitu video streaming sebanyak 31%; layanan pesan instan 12,8%; layanan Google 7,3%; dan games 2,4%. Namun, jika dihitung berdasarkan penggunaan aplikasi selama Ramadhan tahun ini, YouTube menjadi kontributor terbesar (25,2%), diikuti Instagram (18,6%), WhatsApp Messenger (11,3%), dan Google (7,3%).

Selama 20 hari pertama Ramadhan, rata-rata penggunaan layanan data Telkomsel tercatat sebesar 134 MB, naik 23% dibanding hari biasa. Penggunaan layanan data untuk medsos naik 24% dibanding hari biasa.

“Kami telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin efektif untuk berinteraksi di medsos maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadhan,” ungkap General Manager External Corpotate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam siaran persnya yang diterima TechnoBusiness Indonesia, Jumat (8/6).

Sampai saat ini, Telkomsel telah membangun 12.000 base transceiver station (BTS) multiband LTE. Anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. itu juga menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G-nya, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps.

Jalur-jalur tol yang menjadi jalur utama arus mudik menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. Jalur-jalur itu mencakup 16 ruas tol utama di Jawa dan Sumatera, termasuk 12 ruas tol baru, yang dilayani sebanyak 2.226 BTS (666 BTS di antaranya BTS 4G).

Hingga kuartal pertama 2018, berdasarkan data perusahaan, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pelanggan layanan data, 55 jutanya pelanggan 4G. Selama Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel mengerahkan 167.000 BTS, termasuk 35.000 BTS 4G, di seluruh Indonesia.·

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID · Foto & Infografis: Telkomsel