Jakarta, TechnoBusiness ID · Tidak hanya operator-operator telekomunikasi besar, Net1 Indonesia pun memanfaatkan momentum Lebaran untuk semakin memanjakan masyarakat di berbagai daerah dengan layanan mobile data broadband 4G LTE-nya.

Lebaran kali ini, Net1 Indonesia menyasar destinasi-destinasi wisata eksotis di 10 kota. Ke-10 destinasi wisata itu antara lain Pulau Samosir, Danau Laut Tawar Takengon, Tiu Kelep Waterfall Lombok, Pantai Tanjung Kelayang Belitung, Situ Cileunca Pangalengan, Tanjung Bira Bulukumba, Bukit Tinggi Sumatera Barat, Gili Trawangan Lombok, Pulau Karimunjawa, dan Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Destinasi-destinasi itu dipilih lantaran dicanangkan oleh pemerintah sebagai 10 Bali Baru. “Eksistensi jaringan Net1 Indonesia di 10 destinasi wisata tersebut dengan penyediaan akses internet berbasis 4G LTE yang memadai dapat mempermudah traveler atau pelancong untuk tetap berkomunikasi dengan sanak saudara atau keluarga serta tetap eksis di media sosial,” ungkap CEO Net1 Indonesia Larry Ridwan.

Penguatan koneksi 4G LTE di lokasi-lokasi wisata itu juga merupakan komitmen Net1 Indonesia untuk mendukung program-program pemerintah. Selain itu, “Pelancong, terutama generasi milenial, selalu tak bisa lepas dari smartphone dan koneksi data 4G saat mudik ataupun berlibur,” lanjut Ridwan.

Untuk diketahui, investasi di sektor pariwisata Indonesia pada 2017 menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) naik 31% menjadi senilai US$1,7 miliar dan ditargetkan kembali meningkat menjadi US$2 miliar tahun ini.

Sektor tersebut diperkirakan mampu menyumbang 15% Produk Domestik Bruto (PDB) atau senilai Rp280 triliun. Nilai itu diperoleh berkat adanya 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 275 juta perjalanan wisatawan Nusantara, yang menyerap 13 juta tenaga kerja pada 2019.

World Economic Forum juga menilai peringkat daya saing pariwisata Indonesia terus naik, dari 70 pada 2013 menjadi 50 pada 2015, 42 pada 2017, dan ditargetkan berada di peringkat 30 pada 2018.

Teknologi Net1 Indonesia yang mengandalkan koneksi frekuensi rendah 450 MHz dinilai cocok untuk menggarap pasar-pasar di daerah lantaran memiliki jangkauan sinyal hingga 100 kilometer per BTS.·

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID · Foto-Foto: Net1 Indonesia