Jakarta, TechnoBusiness ID ● Harus diakui kemampuan membaca, berhitung, dan pengetahuan ilmiah masyarakat Indonesia masih sangat minim. Hal itu disebabkan oleh tingkat literasi yang paling rendah di dunia.

Atas dasar itu, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (IDX: TLKM), meluncurkan perpustakaan digital yang diberi nama T-Perpus (Telkomsel Digital Library).

Baca Juga: Pola Baru Mengingat Password Ditemukan di China

Dalam upayanya itu, Telkomsel menggandeng Gramedia Digital Nusantara, anak perusahaan Gramedia yang bergerak di bidang bisnis digital.

“Aplikasi T-Perpus dapat digunakan dengan mudah menyesuaikan gaya hidup digital masa kini sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak muda Indonesia,” ungkap Tubagus Husniyullah, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, di Jakarta, Senin (20/8).

T-Perpus dikembangkan agar memudahkan masyarakat, khususnya sekolah-sekolah, dalam mengakses informasi, mendorong minat baca, serta meningkatkan kompetensi dan mutu pendidikan.

Aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam kategori buku, majalah, dan koran. Pengguna dapat mengunduhnya melalui platform Android dan iOS. Telkomsel membebaskan biaya kepada 5.000 pengakses pertama.

Selain itu, Telkomsel akan menyasar perguruan-perguruan tinggi di Jawa Barat terlebih dahulu sebelum ke seluruh Indonesia. Operator telekomunikasi seluler tersebut akan membagikan 1.000 akses pengguna dengan 3.000 buku dari 69 kategori.

Sementara itu, bagi Gramedia Digital Nusantara, “Suatu kehormatan bagi kami bisa membantu Telkomsel dalam mempersiapkan aplikasi T-Perpus,” kata chief operating officer-nya, Adi Ekatama.

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel