New York, TechnoBusiness ● Tingkat kepercayaan para chief executive officer (CEO) perusahaan dalam menjalankan bisnisnya di seluruh dunia menurun, bahkan mencapai titik terendah dalam dua tahun terakhir. Jika pada kuartal 2/2018 mencapai indeks 63, pada kuartal 3/2018 hanya 55.

Baca Juga: Jakarta dan Nasib Megapolitan Terbesar Nantinya 

Meski menurun, The Conference Board Inc., organisasi kelompok bisnis yang mencakup 1.200 perusahaan publik dan swasta di 60 negara dengan kantor pusat di New York City, New York, Amerika Serikat, itu menyatakan tetap yakin dengan pertumbuhan di berbagai negara, termasuk Negeri Paman Sam.

“Mereka juga tetap yakin dengan India, tetapi semakin pesimistis terhadap China, Brazil, Eropa, dan Jepang,” kata Lynn Franco, Director of Economic Indicators The Conference Board, di New York, Kamis (4/10). “Tarif dan masalah perdagangan menyebabkan ketidakpastian terhadap ekonomi global.”

Baca Juga: Strategi Menghadapi Era Digital dengan 3C

Tahun lalu banyak CEO yang mengatakan telah meningkatkan belanja modal mereka seraya berharap ekonomi tumbuh kuat, permintaan dari konsumen yang meningkat, dan pemberian stimulus pemerintah seperti pemotongan pajak. Tapi, apakah itu dapat dipertahankan? “Masih harus dilihat,” ungkap Franco.

Sebanyak 49% CEO yang disurvei di seluruh dunia mengatakan kondisi ekonomi pada kuartal 3/2018 lebih baik, tapi jumlahnya menurun dari 74% pada kuartal sebelumnya. Secara umum, mereka juga kurang optimistis terhadap pertumbuhan industri mereka sendiri.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Phys.org