Jakarta, TechnoBusiness ID ● Kebutuhan otomasi berbasis big data semakin besar, begitu juga dengan persaingan antarpelaku industrinya yang kian sengit. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan penyedia solusi teknologi terkait mesti piawai dalam meracik strategi pemasarannya.

Dell EMC menyadari hal itu. Makanya, anak perusahaan Dell Technologies Inc. (NYSE: DVMT) tersebut mengemas strategi terbaru guna memenangi persaingan. Salah satu caranya dengan menggali ide dan melibatkan secara lebih dalam para mitra kanal distribusi layanan.

Baca Juga: Dell EMC Tawarkan Array Storage Powermax

Dalam konferensi pemasaran Dell EMC Asia Pasifik dan Jepang (APJ) pertama yang diselenggarakan di Da Nang, Vietnam, pada 2-5 Oktober lalu, Senior Vice President Marketing Dell EMC APJ Karinne Brannigan, mengungkapkan bahwa mitra kanal distribusi merupakan strategi untuk masuk ke pasar (go-to-market) yang penting bagi perusahaannya.

Dengan diadakannya acara bertema “SPARK” tersebut, “Cukup menginspirasi karena kami bisa mendengarkan umpan balik dan studi kasus praktik pemasaran terbaik dari para praktisi mitra kanal dan distributor dalam mengembangkan bisnis kanal mereka,” ungkap Brannigan.

Dengan mengumpulkan mitra kanal distribusi, Dell EMC tidak hanya mendengarkan, tapi juga bertindak cepat untuk lebih inovatif dan lincah di pasar.

Melihat manfaatnya yang amat besar bagi perusahaan, strategi itu akan dijalankan secara terus-menerus oleh Dell EMC. Sebab, bukan sekadar menggali keinginan pasar yang wakili oleh mitra distribusi, melainkan juga memengaruhi pelanggan untuk merasakan keunggulan solusi Dell EMC.

“Kami ingin terus bisa memberdayakan para mitra dengan pengetahuan, alat, dan informasi yang dapat membantu mereka memahami kekuatan dari seluruh portofolio Dell Technologies,” kata Brannigan. “Juga, tentunya membangun merek yang lebih kuat dan berkelanjutan bagi perusahaan mereka.”

Baca Juga: Inilah Deretan Pemenang Dell Technologies World 2018

Strategi Dell EMC itu pada dasarnya dilakukan untuk mengukur keputusan bisnis. Sebab, “Dunia pemasaran yang sebenarnya adalah tentang bagaimana mengambil risiko yang terukur atas perubahan pasar yang sangat cepat,” ujar Paul Muller, pendiri Denting the Universe, firma konsultan manajemen yang berbasis di London, Inggris.

Mengumpulkan mitra kanal distribusi, lanjut Muller yang menjadi salah satu pembicara dalam ajang konferensi tersebut, menjadi strategi yang bagus karena Dell EMC tidak hanya mendengarkan, tapi juga bertindak cepat untuk menjadi lebih inovatif dan lincah di pasar.●

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Dell EMC