Harvard University, universitas terbaik sejagat versi US News & Global Report.

Washington, TechnoBusiness US News & Global Report, otoritas pemeringkat lembaga pendidikan yang berpengalaman lebih dari 30 tahun asal Washington, Amerika Serikat, baru saja merilis daftar peringkat universitas-universitas terbaik sejagat.

Dalam daftar yang menilai sebanyak 1.250 universitas di 75 negara itu, diperoleh universitas-universitas terbaik yang masih didominasi oleh wakil dari Amerika.

Baca Juga: Inilah 100 Universitas Paling Inovatif di Dunia 2018

“Satu hal yang tetap sama: sekolah yang memprioritaskan kualitas penelitian akademislah yang tetap berada di peringkat teratas.”

Menurut Anita Narayan, Managing Editor US News & Global Report, pemeringkatan didasarkan pada data Web of Science dan InCities yang dikeluarkan oleh firma riset Clarivate Analytics.

Untuk keseluruhan peringkat, periset memasukkan indikator bibliometrik seperti publikasi dan kolaborasi internasional. Clarivate mengukur beberapa faktor.

Faktor-faktor yang masuk metodologi antara lain reputasi penelitian global dan regional serta kinerja penelitian akademis universitas.

Dari penelitian itu diperoleh peringkat 10 Univeritas Terbaik Global. Berikut ini daftarnya.

  1. Harvard University (AS)
  2. Massachusetts Institute of Technology (AS)
  3. Stanford University (AS)
  4. University of California—Berkeley (AS)
  5. University of Oxford (Inggris)
  6. California Institute of Technology (AS)
  7. University of Cambridge (AS)
  8. Columbia University (AS)
  9. Princeton University (AS)
  10. University of Washington (AS)

“Ketika pertama kali menerbitkan Universitas Global Terbaik, kami hanya mengevaluasi 500 sekolah di 11 negara. Sejak itu, kami telah menambah 750 universitas di 75 negara,” ungkap Robert Morse, Chief Data Strategist US News & Global Report.

Baca Juga: Jumlah Pengunjung Lazada Anjlok Amat Dalam

Meski jumlah universitas yang dievaluasi bertambah banyak, setidaknya dalam lima tahun terakhir, “Satu hal yang tetap sama: sekolah yang memprioritaskan kualitas penelitian akademislah yang tetap berada di peringkat teratas,” lanjut Morse.●

Catatan TechnoBusiness: Daftar yang tertera sesuai dengan hasil riset yang dipublikasikan oleh tim riset seperti tersebut di dalam artikel. Hasil peringkat bisa saja berbeda dari hasil yang dirilis lembaga penelitian lainnya.

Celine Tamaria, TechnoBusinessFoto: Harvard University