TechnoBusiness Insight ● Anda masih berpikir bahwa wanita merupakan sosok yang “doyan belanja”? Anggapan itu mulai sekarang sebaiknya dibuang jauh-jauh.

Data yang dirilis iPrice Group, agregator belanja online milik pribadi yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia, selama festival belanja online Single Day di Indonesia pada 11 November lalu menunjukkan kaum prialah yang justru lebih gila belanja.

Baca Juga: Jangan Terbujuk “Setan Diskon” 11.11

Dari 500.000 pengunjung website iPrice dan pencari melalui Google Search di Indonesia selama 10-11 November 2018 diketahui 55% konsumen Single Day merupakan laki-laki, 45%-nya wanita.

Persentase Pencari Promo Single Day 2018

iPrice menduga hal itu didorong oleh banyaknya promo barang-barang elektronik dan gadget seperti laptop, perlengkapan komputer, ponsel pintar, dan lain-lain.

Selain barang-barang elektronik dan gadget, yang paling banyak dicari adalah promo tiket.

 

Promo yang Paling Dicari

Untuk pencarian tiket, sepertinya maskapai penerbangan murah AirAsia ketiban berkah.

iPrice menyebut “promo AirAsia’, “AirAsia 11.11”, dan “AirAsia” menjadi kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari selama Single Day. Itu bisa jadi dipicu oleh promo kursi gratis maskapai asal Malaysia tersebut.

Untuk diketahui, AirAsia menawarkan 5 juta kursi gratis kepada pelanggan dalam pemesanan selama satu minggu sejak 11.11.

Trafik pengunjung e-commerce mulai naik sejak jam 10 malam pada 10 November. Padahal, kala hari biasa trafik antara jam 9 malam sampai 4 pagi justru menurun.●

Teks: TechnoBusiness Insight

Data: iPrice Group

Grafis: TechnoBusiness (Cover), iPrice Group (Dalam)