Jakarta, TechnoBusiness ID ● Kini, valuasi PT Tokopedia, marketplace terbesar yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 2009, dikabarkan oleh Bloomberg telah mencapai US$7 miliar.

Nilai sebesar itu dicatatkan setelah Tokopedia berhasil mengumpulkan pendanaan tambahan senilai US$1 miliar dari beberapa investor, termasuk investor lamanya, SoftBank Group, baru-baru ini.

Baca Juga: Jumlah Pengunjung Lazada Anjlok Amat Dalam

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Tokopedia maupun William sebagai CEO. Namun, dapat dipastikan bahwa pendanaan terbaru itu semakin mengukuhkan Tokopedia sebagai pemain e-commerce terbesar di Tanah Air.

Tokopedia berhasil meninggalkan rival-rival terdekatnya, antara lain Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Blibli.

Tokopedia berhasil meninggalkan rival-rival terdekatnya, antara lain Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Blibli. Jumlah pengunjung kuartalan bisa menjadi cerminan.

Merujuk pada data SimilarWeb dan iPrice Group yang telah dipublikasikan oleh TechnoBusiness Media pada pertengahan Oktober lalu, per kuartal 3/2018 Tokopedia sukses menarik 153,6 juta pengunjung per bulanan.

Baca Juga: Pesanan Harian Shopee Indonesia Mencapai 0,7 Juta

Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding pemegang peringkat kedua, Bukalapak, yang hanya memiliki 95,9 juta pengunjung per bulan. Shopee milik Sea Limited asal Singapura berada di posisi ketiga dengan 38,3 pengunjung.

Lazada Indonesia, marketplace milik Alibaba Group Holdings Limited, yang tahun-tahun sebelumnya selalu nangkring di posisi teratas justru terhempas ke urutan keempat dengan 36,4 juta pengunjung.

Posisi Lazada hanya menang satu peringkat dari Blibli milik Global Digital Prima, anak perusahaan konglomerasi rokok Djarum, yang mengeruk 31,3 juta pengunjung.●

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Tokopedia