Jakarta, TechnoBusiness TVMenteri Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna Malaysia YB Datuk Saifuddin bin Ismail bersama 12 pewaralaba (franchisor) negaranya berkunjung ke Indonesia pada Minggu (25/11).

Dalam lawatannya itu, Menteri Saifuddin memimpin “Malaysia-Indonesia Business Dialoque” terkait industri dan peluang-peluang waralaba di kedua negara. Walau, sebetulnya pemerintah Malaysia ingin mendorong agar pewaralaba-pewaralabanya ekspansi ke Indonesia.

Simak Juga: Malaysia-Indonesia Berbagi Peluang Pasar Waralaba

Menurut Jeffrey Bahar, Group Deputy CEO Spire Research and Consulting, yang didaulat memberi gambaran mengenai industri waralaba Indonesia di depan dalam dialog di Ruang Cempaka, Balai Kartini, Jakarta, tersebut, itulah bentuk kepedulian pemerintah Malaysia terhadap industri waralabanya.

“Kita lihat dukungan pemerintah Malaysia terhadap pewaralaba maupun asosiasi waralabanya sangat kuat.”

“Kita lihat dukungan pemerintah Malaysia terhadap pewaralaba maupun asosiasi waralabanya sangat kuat, sedangkan peran pemerintah Indonesia terhadap industri waralabanya belum terlihat,” ungkap Jeffrey kepada TechnoBusiness TV Indonesia usai dialog.

Pandangan Jeffrey itu tak terbantahkan. Sebab, dalam menggarap pasar luar negeri, misalnya, sampai saat ini sudah ada 30 waralaba Malaysia yang masuk ke pasar Indonesia, tapi waralaba Indonesia yang ada di Malaysia baru lima merek.

Baca Juga: Mengenang 60 Tahun Hubungan Dagang Indonesia-Malaysia

Padahal, tak dimungkiri kedatangan Menteri Saifuddin ke Jakarta kali ini juga untuk memperluas pasar para pewaralabanya di Indonesia. “Kami bersama 12 pewaralaba datang ke Jakarta dalam rangka menjajaki kemungkinan membuka pasar baru di sini,” katanya terus terang.

Langkah itu sebagai bagian dari kesadaran pemerintah Malaysia bahwa sekalipun kini industri waralabanya lebih berkembang, tapi potensi pasar yang ada di Indonesia jauh lebih besar, kata Jeffrey.

Untuk mengetahui secara lengkap pandangan Jeffrey terhadap perkembangan industri waralaba di Indonesia dan Malaysia saat ini, simak wawancara eksklusif TechnoBusiness TV Indonesia berikut ini.●

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness TV ● Video: TechnoBusiness TV

——————————————–

Tonton konten-konten TechnoBusiness TV Indonesia menarik lainnya di sini