Kantar menyebut ada enam kiat sukses yang harus diperhatikan jika merek ingin sukses di pasar Indonesia.

Kantar Jakarta, TechnoBusiness ID ● Perekonomian Indonesia diakui tumbuh cukup baik dengan pergerakan pasar fast moving consumer good (FMCG) stabil.

Memang pasar lebih selektif mengalokasikan pengeluaran, tapi, menurut Marketing Director Kantar Indonesia Fanny Murhayati, itu berarti juga lebih cerdas dalam mengonsumsi barang dan jasa.

Baca Juga: Terimbas Perang Dagang, Apple Digugat

Itu sebabnya, merek pun harus dihadirkan secara lebhih personal. “Merek tidak bisa membuat satu rencana untuk semua tipe, tetapi harus membuat strategi yang berbeda sesuai karakter dan tipe target konsumennya,” kata Fanny.

Tahun ini merupakan tahun yang menarik, tapi juga penuh tantangan, kata General Manager Kantar Indonesia Venu Madhav. “Kami telah mengidentifikasi enam faktor utama yang dapat membantu merek untuk tumbuh di pasar yang kompetitif saat ini,” katanya.

Keenam faktor utama untuk sukses di pasar berkembang itu antara lain: Pertama, membangun antusiasme dengan memberikan pengalaman untuk konsumen melalui berbagai hal.

Baca Juga: John Robert Powers Luncurkan Program JRP for Startups

Kedua, (untuk FMCG) memberikan kemudahan konsumen melalui produk siap santap; Ketiga, menciptakan inovasi produk dengan citarasa lokal; Keempat, berbeda secara menonjol dari pesaing.

Kelima, pahami aspirasi dari tipe konsumen yang berbeda. Misalnya, apakah itu untuk General Centenial, Gen Milenial, atau Gen X. Perbedaan tipe kelas ekonomi, perdesaan vs perkotaan, pun harus diperhatikan.

Keenam, rangkul digital. Untuk FMCG, pasar online tumbuh dari 2% pada 2017 menjadi 6% pada 2018. Pasar online tumbuh pesat sehingga tidak mungkin diabaikan.●

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: Freepik