Jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya, pendapatan Cisco naik 7%.

California, TechnoBusiness ● Cisco System, Inc. (Nasdaq: CSCO), perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat, berhasil membukukan pendapatan sebesar US$12,4 miliar pada kuartal dua tahun fiskal 2019 yang berakhir 26 Januari 2019.

Dari pendapatan itu, Cisco memperoleh laba bersih pada prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) dasar sebesar US$2,8 miliar atau US$0,63 per saham. Jika menggunakan perhitungan non-GAAP, laba bersihnya tercatat sebesar US$3,3 miliar atau US$0,73 per saham.

Baca Juga: Cisco Akuisisi Luxtera Senilai US$660 Juta

Jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya, pendapatan Cisco naik 7%. Itulah yang membuat manajemen dan para pemegang saham perusahaan tersebut senang. “Kami sangat senang dengan kinerja kami yang kuat pada kuartal ini,” ungkap Chairman dan CEO Cisco System, Inc. Chuck Robbins.

Dalam pengumuman yang dilakukan Cisco di San Jose, Rabu (13/2), Robbins menjelaskan bahwa timnya berhasil mengeksekusi pekerjaan dengan baik, beralih ke model perangkat lunak secara agresif, dan menggenjot inovasi secara cepat.

Pendapatan Cisco System, Inc. per Kuartal 2/2018 vs Kuartal 2/2019

Data: Cisco System, Inc.

Manajemen Cisco juga sedang mendefinisikan ulang dan menghubungkan setiap domain infrastruktur jaringan untuk memberikan kelincahan, efisiensi operasional, dan keamanan yang dibutuhkan pelanggan terkait multicloud, edge computing, dan transformasi digital.

Baca Juga: 100 Restoran Paling Romantis 2019 di Amerika

Atas kinerja yang baik itu, Cisco membagikan dividen kuartalan sebesar US$0,35 per saham, naik 16% (2 sen dolar) dibanding kuartal sebelumnya. Menurut rencana, dividen itu akan dibagikan pada 24 April mendatang kepada para pemegang saham per 5 April.

Pada kuartal ketiga tahun fiskal 2019, Cisco menargetkan pendapatannya naik 6% dibanding periode setahun sebelumnya. Kuartal ketiga juga menjadi momen penting bagi Cisco karena akan menyelesaikan proses transaksi terhadap dua perusahaan yang diakuisisinya.

Seperti diberitakan TechnoBusiness sebelumnya, Cisco mengakuisisi Luxtera, Inc., sebuah perusahaan semikonduktor swasta, yang diumumkan pada 18 Desember 2018. Cisco juga mengakuisisi Singularity Networks, perusahaan analisis infrastruktur jaringan milik pribadi.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Cisco System, Inc.