Oleh Bambang Bernadi | Konsultan Spire Research and Consulting

Spire Insight ● Bagaimana jika Anda bisa menempatkan pelanggan Anda di sebuah ruangan tertutup dan mendapatkan perhatian penuh mereka? Bisakah Anda bayangkan tempat di mana iklan Anda dapat dilihat tanpa gangguan, tempat terpencil di mana iklan Anda adalah satu-satunya media yang terlihat?

Dari sinilah muncul iklan lift digital. Media iklan di lift menyediakan jangkauan yang sangat tertarget dalam lingkungan terekspos.

Seorang pemilik bisnis akan selalu mencari iklan yang tepat, efisien, terjangkau, dan layak diinvestasikan, sehingga iklan di lift bisa menjadi salah satu media promosi yang dapat dipertimbangkan.

Simak Juga: Spire Research and Consulting Memiliki Empat Divisi Riset

Jenis iklan ini semakin populer di kalangan pengiklan yang menginginkan kampanye iklan yang fleksible, bisa dipasangkan dengan kampanye di media lain, kreatif dan sesuai dengan anggaran.

Pemasangan iklan di medium lift sangat umum di daerah perkotaan, di gedung perkantoran, mall, rumah sakit dan pusat keramaian lainnya, kemudian hal ini menjadi penyebab utama tumbuhnya minat saluran periklanan yang sebelumnya tidak dikenal.

Iklan di lift tampaknya sangat berbeda dari sebagian besar cara beriklan tradisional. Satu-satunya perbedaan adalah cara tradisional lebih berfokus pada skala besar dan metode iklan lift lebih didasarkan pada skala lebih kecil yang menargetkan kerumunan lebih besar.

Di lift beberapa menara perkantoran utama, ada layar digital yang menawarkan biro iklan lift untuk menjangkau audiens para pemimpin bisnis yang berpendidikan, kelas sosial tinggi, di lingkungan yang tak terkontaminasi.

Mengapa memasang iklan di lift?

Setiap individu yang bekerja di perusahaan setidaknya menggunakan lift 5 kali sehari. Jika rata-rata ia menghabiskan 20 detik dalam setiap perjalanan dengan total 100 detik adalah apa yang dihabiskan individu dalam satu hari penuh, 100 detik beriklan di mana tidak ada gangguan dan satu-satunya fokus adalah pada panel yang menunjukkan iklan (sumber: Spire Indonesia).

Spire Insight: Menganalisis Nasib Industri Baja Nasional

Kegiatan yang biasanya dilakukan orang ketika berada di dalam lift seperti; berbicara dengan orang lain yang berada di dalam lift, menggunakan ponsel, melihat perubahan nomor lantai di layar kecil di bagian atas pintu lift dan di atas semua itu, mereka akan membaca semua informasi yang ditemukan di lift. Kita semua sadar betapa mahalnya biaya beriklan namun melalui media iklan ini kerumunan besar dapat ditarik dengan cara yang sangat efektif.

Keuntungan Iklan Lift

Iklan lift semakin populer di kalangan pemilik usaha kecil. Selain memenuhi kriteria kemudahan penggunaan dan biaya, iklan lift menawarkan media pemasaran yang kreatif dan efektif yang dapat membuat kesan pada segmen konsumen tertentu atau segmen pasar B2B.

Beriklan di lift memungkinkan Anda menjangkau khalayak ramai yang terdiri dari penyewa dan pengunjung saat mereka berkegiatan di sekitar bangunan.

Manfaat kreatif

Di beberapa gedung tinggi, iklan lift menjadi pusat kreativitas yang menghasilkan daya tarik visual.

Iklan lift yang animasi dan kreatif dengan efek visual yang hebat dianggap sebagai iklan yang paling banyak dilihat dan aktif untuk sebuah promosi produk.

Di beberapa gedung, iklan lift yang dibuat dengan daya tarik visual dan kreativitas yang tinggi telah menjadi saluran iklan yang paling menarik perhatian.

Spire Insight: Kakao, Potensi yang Belum Dimaksimalkan

Penargetan Mikro

Jenis iklan lain tidak memberi Anda banyak kendali atas siapa yang melihat iklan Anda tetapi ini tidak terjadi dengan iklan lift. Namun dengan iklan lift, Anda dapat memilih audiens pilihan Anda dengan memilih wilayah, lingkungan, dan bahkan jenis bangunan seperti komersial atau perumahan, semuanya sendiri.

Efektivitas biaya

Efektivitas biaya iklan lift adalah salah satu daya tarik utama bagi bisnis berskala kecil-menengah. Meskipun Anda dapat dengan mudah mengeluarkan puluhan atau bahkan ratusan juta pada iklan surat kabar tanpa mengetahui apakah audiens Anda akan melihatnya atau tidak.

Atau, Anda dapat menempatkan sebagian kecil dari biaya dalam media yang lebih kecil namun kuat ini dan Anda mendapatkan dua kali lipat, tiga kali lipat jumlah paparan dibandingkan dengan media lain.

Iklan lift relatif lebih murah dibandingkan dengan iklan di surat kabar atau di TV dan tergantung pada format iklan dan jumlah lokasi yang Anda beli.

Baca Juga: Industri Kelapa Sawit yang Jaya di Hilir

Exposure terus menerus

Jika Anda beriklan pada surat kabar, semua itu akhirnya hanya akan berada di tumpukan kertas di meja atau bahkan di tempat atau iklan di TV dan radio yang selalu dihiraukan oleh audiens. Lain halnya dengan iklan lift yang bekerja untuk Anda setiap saat, menorehkan ingatan di benak pelanggan potensial anda setiap hari siang dan malam.

Kapasitas pengeditan

Tidak seperti bentuk iklan lainnya, iklan lift dapat dengan mudah diedit. Contohnya dalam hal terjadi kesalahan, iklan surat kabar yang pernah diterbitkan tidak dapat diubah tanpa menginvestasikan kembali uang dengan jumlah yang sama, tetapi hal ini tidak terjadi dengan iklan di lift.

Iklan di lift dapat diedit atau diubah beberapa kali selama periode beriklan. Jadi tidak ada kemungkinan kesalahan atau pesan yang salah disampaikan, Anda bahkan dapat menjalankan iklan yang berbeda di platform/area yang berbeda.

Baca Juga: Strategi Menekan Harga Pangan

Bisakah Anda beriklan di layar tampilan LCD lift?

Instalasi layar LCD menjadi jauh lebih populer ketika menggantikan tampilan gambar statis tradisional. Dengan adanya layar LCD jelas ada manfaat visual yang ditingkatkan karena Anda dapat menampilkan konten grafis yang lebih kaya tetapi ada juga peluang untuk beriklan di layar.

Mengapa beriklan di layar tampilan LCD lift?

Beriklan di lift memungkinkan Anda menjangkau khalayak ramai yang terdiri dari penyewa dan pengunjung saat mereka berkegiatan di sekitar bangunan.

Oleh karena itu, ini merupakan cara yang ideal untuk menarik perhatian orang dan memberikan komunikasi yang ditargetkan. Menampilkan campuran iklan dan informasi yang akan relevan bagi penumpang lift, misalnya, informasi tentang bisnis lokal, berita langsung, cuaca, dan olahraga juga perlu untuk menarik perhatian audiens.

Persepsi terhadap iklan di media lift

Iklan di lift dapat mengurangi momen canggung di dalam/di luar lift saat menunggu, sehingga audiens dapat melihat LCD untuk mematikan waktu ketika menunggu di dalam/di luar lift.

Iklan pada LCD di depan/di dalam lift dapat menarik audiens karena mereka dapat menonton LCD untuk menghabiskan waktu ketika menunggu lift dan itu tidak mengganggu mereka.

Iklan yang dapat menarik audiens di depan/di dalam lift sama seperti iklan lainnya:

  • Konten

Lebih banyak soft selling activities daripada hard selling activities dan harus berupa video yang memiliki sisi unik/lucu juga harus memiliki bingkai yang hanya menampilkan merek atau tagline mereka, jadi meskipun orang tidak melihat iklan sampai akhir mereka masih tahu mereknya.

  • Warna

Warna cerah dengan kontras agak tinggi membuat iklan jadi lebih mudah diingat oleh audiens.

Warna yang tenang dan elegan dapat menciptakan citra merek yang terpercaya dan bergengsi.

  • Jingle

Beberapa jingle lucu / unik yang mudah diingat penonton, memiliki peran penting untuk awareness suatu produk atau iklan.

Baca Juga: Industri Vulkanisir Ban, Nasibmu Kini

Iklan di lift secara efektif meningkatkan awareness akan suatu produk atau iklan kepada audiens yang bekerja di kantor yang memiliki iklan elevator karena mereka lebih banyak berinteraksi dengannya dibandingkan dengan media lain.

Tingkat penerimaan iklan lift cukup tinggi selama kontennya tidak mengandung sesuatu yang membuat orang merasa terganggu seperti: S.A.R.A dan sesuatu yang mengandung politik.

LCD di depan / di dalam lift dapat menembus orang-orang yang tidak punya banyak waktu untuk menonton TV atau radio, tetapi tidak ingin diganggu oleh iklan di media sosial atau media apa pun, yang mereka anggap sebagai barang pribadi mereka.

Beriklan di layar lift menjadi jauh lebih populer, tetapi wilayah yang banyak menggunakan media ini sebagian besar berbasis di Eropa, Asia Pasifik, Singapura, Australia dan Cina adalah pengadopsi awal dari pendekatan ini dan AS juga mengikuti tren ini.● SPONSORED CONTENT

Spire Research and Consulting merupakan perusahaan riset pasar dan konsultasi bisnis global, terutama di negara-negara berkembang. Perusahaan yang didirikan pada 2000 di Singapura ini kini memiliki kantor perwakilan di semua negara Asia Pasifik dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

PT Spire Indonesia | Wisma BNI Lt. 25 Unit 8-10, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220, Telp/Faks: (021) 57945800 www.spireresearch.com