Raksasa internet Google berada di posisi ketiga sebagai perusahaan idaman bagi para profesional di bidang keuangan.

Posisi teratas ditempati JP Morgan dan Goldman Sachs, sedangkan Facebook dan Apple di urutan 15 dan 16.

 

 NEW YORK – Google Inc. dinobatkan sebagai perusahaan idaman ketiga bagi para profesional keuangan oleh eFinancialCareers yang diumumkan di New York, Amerika Serikat, Selasa (28/3). Raksasa internet yang berkantor pusat di Menlo Park, California, itu satu-satunya perusahaan teknologi yang masuk 10 besar eFinancialCareers Ideal Employer Rankings 2017 yang dirilis eFinancialCareers, situs karier untuk profesional jasa keuangan di bawah naungan DHI Group Inc., di New York, Selasa (28/3).

 

Baca Juga: Mengenal Lima Teknologi Baru di Industri Real Estate

 

Perusahaan teknologi lainnya hanya berada di urutan belasan. Facebook, misalnya, menempati urutan ke-15, Apple 16, Microsoft 24, dan Amazon 26. Google hanya kalah dari perusahaan layanan finansial JP Morgan dan bank Goldman Sachs. Setelah Google ada Morgan Stanley, BlackRock, HSBC, Bank of Amerika/Merrill Lynch, UBS, dan CreditSuisse. Peringkat itu atas pilihan dari 5.983 responden profesional keuangan yang disurvei selama kuartal empat 2016.

JP Morgan berhasil menggeser posisi teratas yang tahun lalu ditempati oleh Goldman Sachs. Citi melompat dua peringkat ke posisi kelima, sedangkan BlackRock menjadi kunci lima besar. “Jika JP Morgan mengambil alih posisi dari pemenang tahun lalu itu tidak mengejutkan,” ungkap Senior Vice President Customer Engagement eFinancialCareers Geoge McFerran.

 

“Perusahaan teknologi besar harus dianggap sebagai pesaing berat bagi lembaga jasa keuangan dalam proses pencarian bakat.”

 

Namun, ia melanjutkan, Google yang berhasil bertahan di posisi atas menunjukkan bahwa perusahaan teknologi berhasil mempertahankan merek yang kuat meski beroperasi di luar sektor. “Perusahaan teknologi besar harus dianggap sebagai pesaing berat bagi lembaga jasa keuangan dalam proses pencarian bakat,” katanya.

Para profesional keuangan mayoritas menyatakan bahwa kriteria yang paling penting bagi mereka adalah pekerjaannya menarik (85%), gaji yang kompetitif (84%), kesempatan mendapatkan promosi (81%), struktur organisasi yang positif (78%), dan kepemimpinan eksekutif yang kuat (75%). “Sementara remunerasi terus menjadi sangat penting untuk membiayai para profesional, yang sama menariknya dengan budaya positif perusahaan,” ujar McFerran.

JP Morgan menempati peringkat satu karena memiliki persepsi yang cukup baik sebagai perusahaan keuangan. Perusahaan tersebut dianggap mampu memberikan gaji yang kompetitif, kinerja keuangan perusahaan yang sehat, mempunyai tantangan pekerjaan yang menarik, dan telah menjadi pemimpin di industrinya.

Sementara itu, Google dinilai sanggup memberikan gaji yang tinggi, memiliki lingkungan kerja yang bagus, dan, tidak bisa dimungkiri, juga inovator dalam industrinya. Sebanyak 81% responden memilih Google sebagai perusahaan paling ideal di dunia karena imbalan kerja yang besar.**

—Philips C. RubinTechnoBusiness ● Foto-Foto: Google, eFinancialCareers