Connect with us

TechnoBusiness Insights

Belanja Iklan Mobile Game 2024 Diperkirakan Capai US$103 Miliar

Belanja iklan mobile game tahun ini naik dipengaruhi oleh tumbuhnya pasar gaming global.

Published

on

Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Nilai mobile payment global diyakini bakal terus tumbuh dari tahun ke tahun mengingat teknologi dan perilaku penggunaan yang semakin mobile.

TechnoBusiness Insights: Layar Sentuh TFT LCD In-Cell Otomotif Dominasi Pengiriman 2025

Berdasarkan data yang diungkap Adjust, nilai mobile payment diperkirakan berkontribusi sebesar 79% dari total transaksi global dan akan bernilai US$607,9 miliar pada 2030.

Perusahaan pengembang aplikasi pengukuran pemasaran di bawah naungan AppLovin (Nasdaq: APP) itu mengungkapkan bahwa mobile payment mendorong pengadopsian aplikasi fintech.

Advertisement

Pada 2023, pendapatan aplikasi fintech naik 118%, diiikuti dengan jumlah instalasi dan jumlah sesi aplikasi yang naik sebesar 42% dan 24%, dibanding tahun sebelumnya.

Survei yang dirangkum dalam laporan Tren Mobile App 2024 tersebut juga menyebutkan Asia Pasifik meraih kenaikan instalasi aplikasi fintech terbesar, yakni 48%, dibanding kawasan lainnya.

TechnoBusiness Insights: Gaji Talenta Startup di Indonesia Turun Tajam, Apa Sebabnya?

Jumlah instalasi aplikasi game global kembali meningkat pada kuartal 4/2023 dengan kinerja positif sebesar 7%. Dari kategori itu, action game meraih pangsa pasar terbesar (18%) diikuti hiperkasual (14% dan puzzle (14%).

Karena itu, nilai belanja iklan mobile game global pun terus tumbuh—yang pada 2024 diperkirakan mencapai US$103 miliar dan menjadi US$131 miliar pada 2025.

Mobile app marketing dan optimasi kampanye sebetulnya tidak terlalu kompleks,” kata Simon Dussart, CEO Adjust. “Mobile marketer dan developer dapat memanfaatkan data untuk mengambil keputusan cerdas.”

Advertisement

Teks: TechnoBusiness Insights ID

Data: Adjust, Maret 2024

Foto: Pixabay

Advertisement