Connect with us

Spire Insights

Spire Insights: Keuntungan Adopsi Teknologi Smart Home bagi Gen Milenial dan Gen Z

Oleh Bunga Putik Salamah, Konsultan Spire Research and Consulting

Published

on

Oleh Bunga Putik Salamah | Konsultan Spire Research and Consulting

Spire Insights Setelah bekerja seharian di kantor, tentu Anda pernah merasakan betapa ingin segera sampai ke rumah lalu menikmati sejuknya udara dengan AC pintar yang menyala sendiri sebelum Anda sampai ke rumah.

Baca Juga: Spire Insights: Transformasi TV Digital di Indonesia

Dengan begitu, sesampainya di rumah, suhu ruangan sudah sejuk, dan Anda siap untuk relaks, menonton TV series favorit, atau pun hanya berbaring untuk menenangkan suasana hati.

Advertisement

Di dunia saat ini, khususnya di Jakarta, di mana semua orang terburu-buru, kenyamanan adalah kunci kehidupan yang sangat berharga. Seseorang akan mencoba membuat setiap tugas semudah dan secepat mungkin.

Ini menjadi lebih penting untuk masyarakat usia produktif, atau Gen Milenial, mengingat saat ini, tuntutan bekerja sangat tinggi, dan dibarengi dengan standar hidup yang terus meningkat.

Oleh karena itu, berinvestasi di hunian pintar, dipilih menjadi salah satu cara Gen Milenial dan Gen Z untuk memberikan nilai tambah pada kesehariannya.    

Baca Juga: Spire Research and Consulting Memiliki Empat Divisi Riset 

Apa Itu Smart Home?

Advertisement

Smart Home atau Rumah Pintar merupakan perangkat Internet of Things (IoT) yang mengacu pada pengaturan rumah yang nyaman di mana peralatan dan perangkat dapat dikendalikan secara otomatis dari jarak jauh dari mana saja dengan koneksi internet, menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya.

Perangkat di rumah pintar saling terhubung melalui internet, dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu, pencahayaan, dan home theatre dari jarak jauh.

Perkembangan Tren Smart Home

Produk Rumah Pintar saat ini mengandalkan campuran standar konektivitas untuk berkomunikasi. Namun, semua pada akhirnya tetap akan bergantung pada ekosistem kecepatan transimisi jaringan dalam ruang lingkup hunian Anda.

Meningkatkan kecepatan dan kapasitas maksimum jaringan merupakan aspek yang paling utama, yang harus diperhatikan dalam adopsi Smart Home, terutama untuk Anda, yang bertempat tinggal di area dimana kecepatan broadband kurang baik.

Advertisement

Baca Juga: The Next Big Thing: Indonesia’s Digital Payment

Namun, perkembangan 5G yang cukup masif di Indonesia, terbukti sudah tiga provider besar yang telah mengomersialkan jaringan tersebut (XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat), diprediksi mampu menyediakan low-power wide-area network (LPWAN) berdaya rendah, yang membuatnya ideal untuk mendukung ekosistem Smart Home.

Kapasitas 5G yang lebih besar juga nantinya memungkinkan lebih banyak perangkat yang dapat dihubungkan untuk dijalankan secara otomatis.

Belakangan ini, pandemi covid-19 memperkuat perkembangan adopsi teknologi Smart Home. Teknologi ini diklaim dapat meningkatkan kenyamanan beraktivitas dari rumah hingga mampu menghemat pengeluaran rumah tangga. Awareness akan bahaya yang diciptakan lingkungan luar mendorong masyarakat mulai tertarik dengan konsep hunian ini.

Berdasarkan studi Spire Research and Consulting terbaru, ketertarikan terhadap teknologi ini terbilang baru di Indonesia. Konsep hunian pintar baru berkembang di Indonesia sejak empat sampai lima tahun yang lalu. Namun, sistem rumah pintar dianggap masih terbilang mahal, sehingga belum begitu banyak yang menggunakan.

Advertisement

Berangkat dari barriers ini, telah hadir beberapa brand smart home kenamaan seperti Bardi, Ezviz, Bosman, dan Arbit, yang sudah banyak bekerja sama dengan pengembang realestat dan apartemen untuk menghadirkan penawaran yang menarik untuk pemilik rumah baru.

Rata-rata provider ini, menyediakan perangkat smart home yang meliputi IP Camera, Smart Bulb/Lighting, dan Smart Home Security System (Digital Lock). 

Smart Home dan Keuntungannya bagi Gen Milenian dan Gen Z

Dari hasil Sensus Penduduk 2020 oleh Badan Pusat Statistik Indonesia, mayoritas penduduk Indonesia yang termasuk dalam usia produktif didominasi oleh Gen Milenial dan Gen Z sebanyak 67%. Artinya, kelompok pada usia ini idealnya akan bekerja dan menjalani kehidupan sibuk, dan akan lebih sensitive terhadap penawaran “kenyamanan”.

Ditambah dengan ketertarikan terhadap teknologi canggih yang semakin tinggi, seiring dengan arus digitalisasi yang semakin kencang masuk ke Indonesia, menjadikan Gen Milenial menjadi target pasar empuk untuk pengembang teknologi smart home.

Advertisement

Baca Juga: Spire Insights: Memprioritaskan Kembali Layanan Air Minum

Studi terbaru dari Forbes mengungkapkan bahwa kelompok Gen Milenial dan Gen Z merupakan kelompok penduduk yang lebih environmentally-conscious. Mereka lebih cenderung membuat perubahan pada perilaku mereka untuk mengurangi carbon footprints, dan perilaku ini bertambah penting semenjak kehadiran pandemi covid-19.

Mengingat bahwa teknologi smart home dapat digunakan untuk menghemat energi dan menjalani greener lifestyle, masuk akal bahwa konsep hunian pintar adalah pilihan untuk menjawab permintaan akan gaya hidup baru para Gen Milenial dan Gen Z.

Smart home ini nyatanya juga menawarkan beberapa keuntungan untuk penduduk Gen Milenial dan Gen Z, termasuk fleksibilitas dan energy savings.

Fleksibilitas ditawarkan smart home dari sudut pandang bahwa teknologi ini dapat dikendalikan di mana saja dan kapan saja. Mobilitas Gen Milenial dan Gen Z yang tinggi mengharuskan mereka untuk memiliki perangkat pendukung multi-tasking.

Advertisement

Dengan aplikasi mobile smart home, para pengguna usia produktif ini dapat memantau keadaan rumah melalui integrated security camera dan memastikan keamanan hunian dengan digital door lock.

Baca Juga: Spire Insights: Potensi Industri Konstruksi di Indonesia

Selain itu, yang terbaru, hadirnya IP Camera yang khusus dibuat untuk hewan peliharaan. Dengan ini, para milenial dapat tetap melakukan aktivitasnya di luar rumah tanpa perlu khawatir tentang keadaan rumah.

Fleksibilitas ini juga dapat dimanfaatkan oleh penduduk usia muda yang berperan sebagai caregivers orang tua. Perangkat home assistance yang dapat dikendalikan melalui voice command dianggap menjadi solusi untuk mempermudah aktivitas para orang tua di rumah pada saat the caregivers sedang beraktivitas.

Aplikasi smart home juga memungkinkan penggunanya untuk menghemat energi rumah, yang nantinya akan berdampak pada penghematan biaya rumah tangga. Hanya dengan mengakses aplikasi lewat genggaman, Gen Milenial dan Gen Z dapat dengan mudah mengatur pencahayaan dan suhu rumah.

Advertisement

Penduduk usia produktif biasanya akan lebih sensitif dengan harga dan pengeluaran. Oleh karena itu, kehadiran provider perangkat smart home yang menawarkan device terjangkau, sangat diminati, dengan asumsi bahwa biaya yang digunakan untuk membeli perangkat. Ke depannya akan mendukung mereka untuk menciptakan sustainable lifestyle


Baca Juga: Spire Insights: Perkembangan Industri Data Center di Indonesia

Tuntutan pekerjaan yang sangat tinggi dan dibarengi dengan standar hidup yang terus meningkat mendorong Gen Milenial dan Gen Z untuk berinvestasi di smart home. Ke depannya, tren ini diharapkan akan memiliki dampak yang lebih signifikan di Indonesia, setelah adanya jaringan 5G yang perlahan mulai dikomersialkan.

Selain itu, akibat pandemi COVID-19 menuntut masyarakat untuk mengubah tata cara dan gaya hidup keseharian untuk lebih fleksibel, seperti praktik bekerja dan sekolah dari rumah. Akibatnya, demand untuk hunian yang lebih nyaman terus meningkat.

Konsep smart home dapat membantu memenuhi permintaan ini dengan menyediakan solusi comfort yang di-bundling dengan penghematan pengeluaran rumah tangga lewat fitur-fitur yang mendukung energy dan cost savings peralatan households.

Advertisement

Spire Research and Consulting merupakan perusahaan riset pasar dan konsultasi bisnis global, terutama di negara-negara berkembang. Perusahaan yang didirikan pada 2000 di Singapura ini kini memiliki kantor perwakilan di semua negara Asia Pasifik dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

PT Spire Indonesia | Wisma BNI Lt. 25 Unit 8-10, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220, Telp/Faks: (021) 57945800 www.spireresearch.com

Continue Reading
Advertisement
11 Comments

11 Comments

  1. graliontorile

    05/08/2022 at 3:53 AM

    You can definitely see your enthusiasm within the paintings you write. The sector hopes for even more passionate writers such as you who are not afraid to mention how they believe. Always follow your heart.

  2. accommodation

    05/10/2022 at 5:30 AM

    certainly like your web-site but you have to check the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I will certainly come back again.

  3. marizonilogert

    10/10/2022 at 3:46 PM

    I went over this internet site and I think you have a lot of great info , saved to favorites (:.

  4. cell phone accessories

    16/10/2022 at 11:04 AM

    I’m not sure why but this web site is loading incredibly slow for me. Is anyone else having this issue or is it a problem on my end? I’ll check back later and see if the problem still exists.

  5. メモリアルプレート

    27/10/2022 at 10:21 PM

    I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this site. Thanks , I’ll try and check back more often. How frequently you update your web site?

  6. Europa-Road Kft.

    12/11/2022 at 12:27 AM

    Virtually all of the things you claim happens to be supprisingly accurate and that makes me ponder the reason why I hadn’t looked at this with this light previously. This particular article truly did turn the light on for me personally as far as this particular subject matter goes. Nonetheless at this time there is just one issue I am not too comfy with and whilst I try to reconcile that with the actual central idea of your point, allow me see what the rest of the readers have to say.Very well done.

  7. zmozero teriloren

    23/11/2022 at 9:08 AM

    Absolutely pent subject material, Really enjoyed examining.

  8. zmozeroteriloren

    23/11/2022 at 8:41 PM

    I’m not sure exactly why but this web site is loading incredibly slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end? I’ll check back later and see if the problem still exists.

  9. ebooks

    03/12/2022 at 2:46 AM

    Hey! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to take a look. I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers! Wonderful blog and brilliant style and design.

  10. abogados

    06/12/2022 at 5:29 AM

    I want reading and I think this website got some genuinely useful stuff on it! .

  11. additional reading

    08/12/2022 at 4:41 AM

    Absolutely indited subject matter, thank you for information. “Life is God’s novel. Let him write it.” by Isaac Bashevis Singer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *