Connect with us

Spire Insights

Spire Insights: Potensi Penetrasi Internet Desa di Indonesia

Oleh Izdihara Nur Khalisha, Konsultan Spire Research and Consulting

Published

on

Internet desa yang mencerdaskan anak bangsa.

Spire Insights Indonesia merupakan negara kepulauan dengan populasi 275 juta jiwa penduduk yang tersebar di lebih dari 83.000 desa. Dengan wilayah geografi yang luas dan jumlah penduduk yang banyak menjadikan Indonesia sebagai negara dengan konsumsi internet terbesar keenam di dunia setelah China, Amerika Serikat, India, Brazil dan Jepang. Berdasarkan data APJII, tingkat penetrasi internet di Indonesia tumbuh sebesar 77,02% di mana telah terdapat sebanyak 210 juta penduduk Indonesia yang telah terhubung ke internet pada tahun 2021.

Baca Juga: Spire Insights: Menilik Potensi Pembiayaan Pertanian Digital di Indonesia

Sayangnya, terdapat wilayah di Indonesia yang masih kesulitan untuk mendapat akses internet. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyatakan bahwa masih terdapat 12.548 desa dan kelurahan yang belum tersentuh internet 4G. Penyebabnya beragam, antara lain kontur geografis Indonesia yang tak jarang merupakan pegunungan dan sungai. Kondisi ini menyebabkan kendala terhadap pembangunan infrastruktur fisik termasuk infrastruktur telekomunikasi.

Selain itu, faktor daya beli masyarakat khususnya di pedesaan juga masih terbilang rendah terlebih akibat terjadinya pandemi. Pandemi menjadikan masyarakat yang berpengeluaran di bawah garis kemiskinan lebih mengutamakan pada pemenuhan kebutuhan dasar berupa makanan. Sehingga, untuk meningkatan penetrasi internet desa di Indonesia diperlukan sinergi antara pemerintah bersama dengan operator maupun ISP dalam membangun infrastruktur, dan masyarakat desa yang secara aktif mengomunikasikan akan kebutuhan internet.

Advertisement

Strategi Penetrasi Internet di Desa

Salah satu cara yang dapat diadopsi oleh penyedia internet untuk dapat meningkatkan penetrasi internet di desa adalah melalui pemanfaatan program CSR yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan penyedia internet dapat menyediakan sarana prasarana bagi masyarakat desa dengan menjadikan salah satu wilayah penting di desa tersebut sebagai titik kumpul masyarakat untuk mengakses internet seperti pos ronda, kafe, dll.

Terdapat 12.548 desa dan kelurahan yang belum tersentuh internet 4G.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengadakan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penyedia internet di desa. BUMDes sebagai pilar kegiatan ekonomi di desa yang memiliki fungsi sebagai lembaga sosial dan komersial dapat menjadi pintu masuk bagi para perusahaan penyedia internet baik operator maupun ISP untuk dapat melakukan penjualan produk internetnya kepada masyarakat desa.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Spire Research and Consulting, pihak desa umumnya terbuka terhadap adanya segala bentuk kerja sama khususnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa salah satunya melalui penyediaan internet. Namun, pihak desa juga mengharapkan adanya konsistensi dari para perusahaan, yakni perusahaan tidak hanya menjual produk internetnya kepada desa, melainkan secara kontinu memberikan pendampingan kepada masyarakat desa mengenai penggunaan internet tersebut.

Baca Juga: Spire Insights: Mengulik Perkembangan Jaringan 5G di Indonesia

Advertisement

Karakteristik Desa Potensial untuk Penetrasi Internet

Untuk mempermudah pemilihan desa yang dapat dijadikan potensi penetrasi layanan internet, perusahaan penyedia internet dapat berpedoman salah satunya pada Surat Ketetapan Desa Cerdas yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Desa Cerdas merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong pembangunan desa yang inovatif dalam melakukan pemecahan masalah melalui pemanfaatan teknologi digital. Pemilihan desa cerdas ini dilakukan dengan memperhatikan keterwakilan pada wilayah Indonesia Bagian Barat, tengah dan Timur sehingga akan memudahkan perusahaan dalam turut serta berperan dalam pemerataan penetrasi internet desa di Indonesia. Pemilihan desa cerdas ini dibagi ke dalam tiga fase yakni 350 desa pada fase I yakni tahun 2021, fase II sebanyak 1.000 desa pada tahun 2022 dan fase III sebanyakan 1.650 desa pada tahun 2023.

Desa cerdas tersebut merupakan desa-desa terpilih berdasarkan beberapa kriteria antara lain tersedianya jaringan listrik, tersedianya infrastruktur internet di desa, tersedianya bangunan atau ruangan yang akan disiapkan desa sebagai ruang digital masyarakat, tersedianya anggaran untuk mendukung pembiayaan operasional untuk keberlangsungan dan keberlanjutan program desa cerdas dan terdapatnya minimal satu calon kader digital desa.

Pemilihan desa juga dapat didasarkan pada Indeks Desa Membangun (IDM) yang terdiri dari Mandiri, Maju, Berkembang, Tertinggal dan Sangat Tertinggal. Pengategorisasian IDM desa tersebut didasarkan pada tiga aspek yakni ekonomi, sosial dan lingkungan.

Advertisement

Baca Juga: Spire Insights: Potensi Produk Berbahan Dasar Kulit Asal Garut

Dengan masih banyaknya jumlah desa dan penduduk yang belum mendapat akses internet didukung dengan program pemerintah yang secara aktif menumbuhkan semangat pihak desa untuk terus melakukan inovasi termasuk di bidang digital menjadikan potensi penetrasi internet desa di Indonesia masih terbuka lebar.

Para operator dan ISP di Indonesia pun akan terus berlomba dalam melakukan penetrasi produk internet desa dengan memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki, seperti Telkomsel yang memiliki jaringan terluas di Indonesia saat ini. Selain Telkomsel, terdapat pula ICON+ yang juga berfokus pada penetrasi internet desa melalui pemanfaatan asset strategis milik PLN berupa jaringan listrik. Operator dan ISP lainnya pun diperkarakan akan terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mereka untuk turut dapat bersaing dalam meningkatkan penetrasi internet khususnya di desa-desa di Indonesia.

Spire Research and Consultinmerupakan perusahaan riset pasar dan konsultasi bisnis global, terutama di negara-negara berkembang. Perusahaan yang didirikan pada 2000 di Singapura ini kini memiliki kantor perwakilan di semua negara Asia Pasifik dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

PT Spire Indonesia | Menara Astra Lt. 25 Unit 25D, Jalan Jend. Sudirman Kav. 5-6, Jakarta 10220, Telp/Faks: (021) 50889816 www.spireresearch.com

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
10 Comments

10 Comments

  1. zmozero teriloren

    06/12/2022 at 2:33 AM

    I?¦ve been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts on this kind of house . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this site. Reading this info So i am satisfied to exhibit that I’ve an incredibly just right uncanny feeling I found out exactly what I needed. I so much no doubt will make sure to don?¦t omit this web site and provides it a glance on a constant basis.

  2. Cooking Manga

    14/12/2022 at 9:21 AM

    I think this internet site has got some rattling fantastic info for everyone :D. “I like work it fascinates me. I can sit and look at it for hours.” by Jerome K. Jerome.

  3. Well I truly enjoyed studying it. This tip provided by you is very effective for proper planning.

  4. Can I simply say what a relief to seek out someone who truly knows what theyre speaking about on the internet. You positively know find out how to deliver a problem to light and make it important. Extra folks need to read this and understand this side of the story. I cant imagine youre not more fashionable because you positively have the gift.

  5. Big Farm

    26/12/2022 at 10:09 AM

    Just wish to say your article is as surprising. The clarity in your post is simply great and i can assume you are an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding work.

  6. But wanna comment on few general things, The website design and style is perfect, the content material is real great. “War is much too serious a matter to be entrusted to the military.” by Georges Clemenceau.

  7. wedding photography colchester

    27/12/2022 at 8:46 PM

    I found your blog web site on google and check just a few of your early posts. Continue to keep up the superb operate. I just further up your RSS feed to my MSN Information Reader. Looking for ahead to reading extra from you in a while!…

  8. I like this site its a master peace ! Glad I observed this on google .

  9. Hello! I’ve been reading your web site for some time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Atascocita Tx! Just wanted to tell you keep up the excellent work!

  10. Nice blog here! Also your website loads up fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *