Sebanyak 60% responden ingin memanfaatkan THR-nya untuk berbelanja keperluan Lebaran.

Jakarta, TechnoBusiness ID Sebanyak 60% karyawan akan menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) yang mereka peroleh dari perusahaan masing-masing untuk berbelanja. Dari 60% itu, 91%-nya akan berbelanja melalui e-commerce.

Baca Juga: Dear YouTuber, Awas Akun Anda jadi Target “Phising”!

Persentase itu terungkap dari hasil riset online Snapcart yang melibatkan 1.000 responden di seluruh Indonesia. Sampel utama riset selama 16-23 April 2019 tersebut adalah mereka yang berusia 15-60 tahun.

Selain untuk berbelanja, 65% responden juga akan menggunakan THR-nya untuk menambah tabungan; 45%-nya juga untuk bersedekah atau membayar zakat; 25%-nya juga memanfaatkan untuk keperluan mudik dan lebaran.

Yang cenderung menggunakan THR-nya untuk berbelanja berasal dari kaum perempuan (64%), sedangkan kaum laki-laki sekitar 54%. “Perempuan dan ibu rumah tangga tertarik membelanjakan THR-nya untuk membeli baju, tas, sepatu, dan aksesori,” ujar Eko Wicaksono, Country Sales & Operation Snapcart Indonesia.

Baca Juga: Qantas Pelopori Penerbangan Bebas Sampah di Dunia

Sementara itu, kaum laki-laki lebih memilih membeli produk digital, gadget, peralatan olahraga, dan produk-produk pendukung hobi. Namun, secara umum, penerima THR membidik pakaian, personal care, produk digital, makanan-minuman, dan gadget.

“Yang menarik, 91% responden menyatakan akan memilih berbelanja melalui e-commerce,” ungkap Eko. “Sedangkan 56% responden berencana berbelanja di toko offline seperti di mal, pasar, toko atau minimarket, dan warung.”

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Plupng.com