Jakarta, TechnoBusiness IDRealme merupakan merek ponsel pintar (smartphone) baru di pasar global, apalagi di Indonesia. Tapi, merek kedua (second brand) dari Oppo asal China itu langsung diterima pasar dengan baik.

Begitu Realme 1 diluncurkan pertama kali di India melalui Amazon India, pasar ponsel pintar terbesar kedua setelah Tirai Bambu, pada September lalu, Realme 2 pun sukses dipasarkan di Indonesia pada awal Oktober ini.

Baca Juga: Membaca Arah Realme, “Second Brand” Oppo

Berdasarkan data yang disampaikan Realme South East Asia, Realme 2 yang ditawarkan di Lazada Indonesia terjual 15.000 unit hanya dalam waktu 10 menit. Realme 2 Pro pun terjual 10.600 unit dalam tiga menit.

Itu berarti, dalam tiga menit penjualan Realme 2 Pro, Realme meraup Rp33 miliar. Angka itu diperoleh dari jajaran produk Realme 2 Pro yang dibanderol mulai dari Rp2,89-3,69 juta.

Kami telah melakukan penelitian secara ekstensif selama bertahun-tahun sehingga kami mengetahui hal yang lebih baik dan memiliki strategi produk yang lebih jelas.

Penetapan harga (pricing) itulah yang menjadi salah satu strategi Realme. Dengan range harga itu, Realme masuk ke segmen pasar kelas menengah. Di segmen pasar yang sama ada Honor keluaran Huawei, Pocophone dari Xiaomi, dan lain sebagainya.

Sama seperti merek-merek rival tersebut, Realme menawarkan spesifikasi yang tinggi tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Merek-merek utama mereka semakin menyasar segmen yang lebih tinggi lagi, misalnya di harga Rp4,5-7 jutaan.

Supaya menarik pasar, Realme menghadirkan Realme 2 Pro dengan desain menawan berlayar penuh lengkap Dewdrop Super-View. Juga, dibekali prosesor berkinerja tinggi dari Snapdragon 660 Artificial Intelligence Engine.

Baca Juga: Menilik Pabrik Ponsel Pintar Vivo di Cikupa, Tangerang

Besaran prosesor dan kapasitas memori penyimpanan pada masing-masing lini produk dapat dengan mudah dilihat dari harganya. Untuk Realme 2 Pro ber-RAM 4GB + 6GB, harganya dipatok Rp2,89 juta. Untuk produk yang ber-RAM 8GB + 128GB dihargai Rp3,69 juta.

Masih banyak fitur lainnya yang menarik dari jajaran Realme. Tapi, intinya, Realme memosisikan sebagai merek ponsel pintar kelas menengah yang menawarkan produk berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.

Maka dari itu, begitu dipasarkan melalui Lazada Indonesia, Realme 2 Pro terjual sebanyak 10.600 unit hanya dalam waktu tiga menit. “Saya sangat senang mengetahui bawah Realme 2 Pro juga menerima sambutan hanya pada hari penjualan online perdananya di Indonesia,” ungkap Josef Wang, Marketing Dictor Realme South East Asia.

Baca Juga: Rahasia Huawei Pertahankan Pasar Ponsel Global

Meski strateginya tampak sederhana, yakni menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau, tapi sesungguhnya Realme telah melakukan riset bertahun-tahun. Keberhasilan dalam pemasaran unitnya saat ini merupakan hasil dari penelitian jangka panjang.

“Kami telah melakukan penelitian secara ekstensif selama bertahun-tahun sehingga kami mengetahui hal yang lebih baik dan memiliki strategi produk yang lebih jelas daripada merek lainnya untuk pasar anak muda,” jelas Wang.

Keberhasilan Realme itu pun mendapat pujian dari manajemen Lazada. “Realme menghadirkan inovasi yang keren, teknologi terbaru, dan harga terbaik untuk pasar yang fokus pada anak muda,” ujar Alessandro Piscini, CEO Lazada Indonesia. “Semoga Realme bisa terus sukses di Indonesia.”●

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Realme