Connect with us

TechnoBusiness Star

James Perry, Mantan Petinggi Citi, jadi CFO Zilingo

Published

on

James Perry bergabung dengan Zilingo sebagai chief financial officer pertama perusahaan tersebut.

Singapura, TechnoBusiness Star Kini, perusahaan-perusahaan rintisan (startup) teknologi benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata. Perusahaan-perusahaan yang baru lahir itu secara nyata menjadi pecundang bagi para raksasa, bahkan perusahaan multinasional sekalipun.

Baca Juga: Pete Thompson Kini Berlabuh di eBay

Tidak sedikit tokoh eksekutif dari perusahaan yang sudah puluhan tahun berdiri, atau orang yang telah berpengalaman lama, justru memilih hengkang untuk bergabung ke perusahaan-perusahaan rintisan yang baru “mencoba hidup”.

Advertisement

James Perry, contohnya. Perry merupakan tokoh yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang keuangan perusahaan (corporate finance). Ia pernah menjabat sebagai Managing Director dan Head of Technology Investment Banking for Asia Pacific Citigroup.

Baca Juga: Allison Dew Pimpin Pemasaran Dell Inc.

Selama malang-melintang di dunia keuangan perusahaan, Perry sukses membantu kliennya mengumpulkan dana hingga US$150 miliar, termasuk 40 penawaran saham perdana di Amerika Serikat dan Hong Kong.

 

[nextpage title=”Tugas James Perry “]

Advertisement

Tidak hanya itu, ia juga menjadi “pemberi saran” kepada perusahaan-perusahaan teknologi yang tersebar di enam benua atas aksi merger dan akuisisi mereka yang melibatkan dana senilai total US$80 miliar.

Seiring berjalannya waktu, Zilingo tumbuh pesat. E-commerce fashion yang didirikan Ankiti Bose dan Dhruv Kapoor di Singapura pada 2015 itu telah merambah ke pasar Indonesia, Filipina, Australia, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Pavell Ilii, Imigran yang Sukses Membangun IPWebMedia dengan US$300

Sejak didirikan, Zilingo, yang dikelola Zilingo Pte. Ltd., telah mengumpulkan lima kali pendanaan. Pendanaan terbaru, Seri D senilai US$226 juta, diperolehnya dari beberapa pemodal ventura yang dipimpin Sequoia Capital India pada Februari lalu.

Perry pun bergabung dengan Zilingo. Sebagai chief financial officer pertama, kata Bose, co-founder yang juga CEO perusahaan tersebut, ia akan menjadi bagian dari tim manajemen berpengalaman untuk mendorong bisnis berkembang pesat dan berkelanjutan.

Advertisement

Baca Juga: Aileen Lee, Sosok Pengenal Istilah “Unicorn” dalam “Startup”

“Zilingo dipimpin oleh salah satu tim paling energetik dan visioner yang pernah saya temui dan saya tidak sabar untuk menjadi bagian dari perjalanan ini,” ujar Perry.

—Michael A. Kheilton, TechnoBusiness ● Foto: Zilingo

 

Advertisement