Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pasar E-commerce Berpotensi Mencuri Ceruk Ritel 15,5% pada 2021

Published

on

  • Penjualan ritel online diyakini bakal tumbuh cepat dengan pangsa pasar 8,7% pada 2016 menjadi 15,5% pada 2021.
  • Pada 2015, penjualan ritel online di seluruh dunia berhasil mencatatkan angka US$1,55 triliun.

 

New York, TechnoBusiness Insight ● Seiring semakin meluasnya penetrasi perangkat digital dan internet di seluruh dunia, penjualan ritel online (e-commerce) pun semakin populer. Apalagi belanja via e-commerce lebih mudah dan murah.

 

Baca Juga: Membaca Naik-Turun Angka Penjualan Apple iPhone

 

Indonesia termasuk negara yang menyumbangkan pertumbuhan penjualan ritel online tercepat bersamaan dengan India, Meksiko, dan China. Walaupun pembelian melalui perangkat ponsel pintar (smartphone) dan komputer tablet masih kalah dibanding lewat komputer desktop.

Advertisement

 

Pangsa Pasar E-commerce Global 2015-2021 (Dalam Persen)

[amcharts id=”serial-13″]

 

Pada 2015, menurut data dari Statista, penjualan ritel online di seluruh dunia telah mencatatkan angka US$1,55 triliun. Penjualan itu mencuri ceruk 7,4% dari total transaksi ritel global. Angkan tersebut akan terus meningkat pesat menjadi 10,1% tahun ini dan 15,5% pada 2021.

Advertisement

Amazon dan Apple asal Amerika Serikat, serta JD.com dari China merupakan peritel online terbesar berdasarkan penjualan via mobile (m-commerce). Amazon, misalnya, menghasilkan hampir US$28 miliar via penjualan m-commerce-nya pada 2015.

—Jonathan Reddick, TechnoBusiness Insight/TechnoBusiness ● Data: Statista ● Grafik: TechnoBusiness

 

Advertisement