Skuter listrik Bird tepat menjadi pengganti alternatif untuk kebutuhan berkendara jarak pendek.

Chicago, TechnoBusiness Ada yang berbeda di jalanan Chicago, salah satu kota terbesar di Amerika Serikat, dua hari belakangan ini. Mengapa? Tidak seperti biasanya, kini penduduk kota yang akrab dengan gedung-gedung pencakar langit dapat menikmati cara berkendara alternatif yang ramah lingkungan.

Sebab, Sabtu (15/6) lalu, Bird Rides, Inc. memperkenalkan skuter listrik (e-scooters) dengan nama Bird. Armada terbaru Bird, yakni Bird One, dapat menjangkau wilayah perkotaan hingga 30 mil sekali pengisian daya, lebih jauh dibanding skuter-skuter listrik yang sudah ada.

Baca Juga: Ekonomi Tumbuh, tapi Pengangguran Meningkat

David Estrada, Chief Policy Officer Bird, secara jelas menyatakan bahwa Bird memang diciptakan demi menjadikan kota-kota di dunia lebih layak huni akibat pengurangan emisi karbon.

Skuter Listrik Bird

Skuter listrik Bird tepat menjadi pengganti alternatif untuk kebutuhan berkendara jarak pendek, yang 40%-nya hanya menempuh kurang dari tiga mil.

Bird akan mendemonstrasikan skuter “publiknya” selama akhir pekan musim panas.

“Penduduk Chicago telah menunggu untuk waktu yang lama. Di media sosial, dalam pertemuan, atau bahkan hanya di jalan, saya telah menemukan minat yang serius dalam memiliki akses ke cara yang lebih adil dan lebih nyaman untuk berkeliling kota,” ungkap Estrada.

Baca Juga: Palo Alto Networks Selesaikan Proses Akuisisi PureSec

Dua hari sebelum mendarat di Chicago, Bird lebih dulu mengakuisisi Scoot Network, Inc., pelopor kendaraan listrik yang berbasis di San Francisco, California. Akuisisi itu terjadi lantaran dua perusahaan memiliki visi yang sama.

Meski diakuisisi, Scoot tetap beroperasi sebagai Scoot, hanya saja saat ini berada di bawah nauangan Bird. “Secara bersama-sama kami akan membuat dampak yang lebih besar bagi kehidupan sehari-hari pengendara dan kota-kota yang dilayani,” kata pendiri dan CEO Bird Travis Vander Zanden, saat pengumuman akuisisi di Santa Monica, California.

Sementara pendiri dan Presiden Scoot Network, Inc. Michael Keating mengatakan usai bergabung dengan Bird, misi Scoot tetap sama. “Tapi, skala dan kendaraan yang kami tawarkan akan jauh lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga: Bloomberg: Grab Incar Startup Pembayaran 2C2P, tapi Ditolak 

Sejak didirikan pada 2017 di Santa Monica, Bird Rides telah mendapatkan empat kali tahapan pendanaan dengan total US$415 juta. Sequioa Capital merupakan investor terbesarnya.

Hingga saat ini, Bird telah melayani penyewaan skuter listrik di lebih dari 100 kota di Amerika Serikat, 50 kota di Eropa, dan kota-kota lainnya. Meski begitu, Bird mesti berhadapan dengan rival-rival serupa seperti Razor dan lain-lain.

—Paula Corona, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Bird

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here