Kecepatan internet 5G akan menopang pertumbuhan infrastruktur seluler yang lebih dinamis.

California, TechnoBusiness ● Berapa sebenarnya kecepatan internet global kini dan dua tahun lagi? Barangkali pertanyaan itu mewakili rasa penasaran Anda saat ini.

Nah, kebetulan Cisco (Nasdaq: CSCO), perusahaan teknologi multinasional asal San Jose, California, kemarin merilis laporan terkait proyeksi kecepatan internet global pada 2023.

Baca Juga: Nilai Investasi Kota Pintar Global 2020 Capai US$124 Miliar

Dalam laporan tahunan terbaru itu disebutkan bahwa kecepatan internet 5G global pada 2023 akan lebih tinggi 13 kali lipat dibanding kecepatan internet seluler rata-rata.

Nantinya, teknologi 5G akan mendukung lebih dari 10% koneksi seluler global dengan kecepatan internet rata-rata mencapai 575 megabit per detik.

Baca Juga: 10 Merek Paling Bernilai di Dunia 2020


Pada tahun itu, 66% populasi dunia atau sekitar 5,3 miliar orang diprediksi akan terhubung dengan internet. Perangkat seluler yang dilibatkan mencapai 30 miliar unit.

Kecepatan internet 5G akan menopang pertumbuhan infrastruktur seluler yang lebih dinamis untuk teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT).

Baca Juga: Pasar Ponsel Bekas Global Bernilai US$67 Miliar

Seperti diketahui, mobil otonom, kota pintar, kesehatan yang terhubung, video imersif, dan lain sebagainya, yang berbasis AI dan IoT sedang berkembang pesat belakangan ini.

“Apa yang terlihat dari penelitian kami adalah peningkatan terus-menerus pada pengguna internet, perangkat, koneksi, dan lebih banyak permintaan terhadap jaringan lebih dari sekadar yang kita bayangkan,” kata Roland Acra, Senior Vice President dan Chief Technology Officer Cisco.

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Pixabay


 

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here