Jakarta, TechnoBusiness ID ● Media sosial menghubungkan orang-orang tanpa batas yang tak terbayangkan sebelumnya. Namun, di balik nilai positif itu, media sosial juga menyimpan ancaman bagi penggunanya.

Menurut Edwin Lim, Country Director Fortinet Indonesia, setidaknya ada lima kesalahan umum yang sering kali dilakukan oleh pengguna media sosial sehingga mengancam dirinya sendiri. Ancaman itu, misalnya, “Dapat dengan mudah terkena serangan siber,” ungkapnya.

Baca Juga: “Ekonomi Startup Termasuk Skema Ponzi”

Dalam seminar tahunan bertema “Cyber Threat” di Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, Jakarta, awal Oktober lalu, Edwin menyebutkan kelima kesalahan umum dalam bermedia sosial itu antara lain:

1.    Membagikan Personal Info

Hampir seluruh platfrom media sosial memang meminta pengguna untuk memasukkan data pribadi, apa pun itu. Tapi, ketahuilah bahwa itu bisa digunakan penjahat siber untuk menyerang pengguna.

2.    Tak Sadar Membagikan Data

Kebanyakan pengguna tak peduli menyetujui sesuatu, termasuk menyetujui untuk membagikan data-data pribadi kepada pihak ketiga.

3.    Status Bepergian

Tak semua pengikut merupakan orang baik. Penjahat bisa saja beraksi di rumah atau malah menyerang saat kita sedang berada di satu tempat yang diketahui dari status media sosial.

4.    Mengabaikan Fitur Privasi

Media sosial sebetulnya memiliki fitur pengaturan privasi, tapi kebanyakan dari kita mengabaikannya. Alhasil, siapa pun bisa melihat akun media sosial kita, kemungkinan termasuk penjahat siber.

5.    Lemahnya Kata Kunci

Kata kunci (password) media sosial amat penting. Untuk itu, jangan gunakan password yang mudah ditebak. Penjahat siber punya kemampuan membobol password yang sulit, apalagi yang mudah. Waspadalah.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: FreePik

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here