Nuremberg, TechnoBusiness Insight ● Nilai penjualan barang-barang teknik konsumer (technical consumer goods) sejagat sepanjang 2018 mencapai €1,01 triliun.

Pasar yang mencakup produk-produk telekomunikasi, peralatan rumah tangga kecil, elektronik konsumen, dan teknologi informasi/peralatan kantor itu, menurut periset pasar global GfK, baru pertama kalinya dalam sejarah melewati angka €1 triliun.

Baca Juga: Belanja Melalui Perangkat “Mobile”Melonjak

Semua subkategori menunjukkan penguatan penjualan. Telekomunikasi naik 7%, peralatan rumah tangga kecil naik 7%, elektronik konsumen/foto tumbuh 6%, dan teknologi informasi meningkat/peralatan kantor meningkat 1%.

Pada 2019, berdasarkan prediksi GfK, pasar tersebut akan meningkat 2% menjadi €1,03 triliun. Kontribusi terbesar sebesar 42% diperoleh dari kawasan Asia Pasifik.

Eropa menjadi pasar terbesar kedua dengan kontribusi 25%, 20% dari Amerika Utara, 7% dari Amerika Latin, dan 6% dari Timur Tengah, Turki, dan Afrika.

Baca Juga: Valuasi Tokopedia Diprediksi Mencapai US$7 Miliar

Markus Kick, pakar barang-barang teknik konsumer GfK, mengatakan terlampauinya nilai pasar €1 triliun menandakan tonggak yang nyata pada perdagangan dan industri tersebut.

“Bidang telekomunikasi, peralatan kecil, dan elektronik konsumen terbukti menjadi pendorong penjualan terbesar,” ungkap Kick. “Konsumen juga semakin menghargai konektivitas dan kenyamana.”●

Teks: TechnoBusiness Insight

Data: GfK

Grafis: TechnoBusiness, GfK