Vivo V5 Plus ini merupakan ponsel pintar pertama yang berfitur kamera ganda 20 MP, baik di depan maupun belakang. Indonesia mendapat giliran terakhir setelah diluncurkan di India dan pasar Asia Tenggara lainnya.

Oleh Zhang Ju, TechnoBusiness Foto-Foto: Vivo

SHENZHEN – Setelah sukses memasarkan ponsel pintar V5 pada November 2016, Vivo meluncurkan V5 Plus di India dan negara-negara Asia Tenggara, kecuali Indonesia, pada Selasa (27/1). V5 Plus tergolong ponsel pintar yang revolusioner karena berani melawan arus. Jika biasanya ponsel dibekali kamera beresolusi tinggi di belakang dan rendah di bagian depan, V5 Plus tidak.

V5 Plus memiliki dual kamera 20 MP, baik di depan maupun belakang. Kegemaran masyarakat berselfie ria tentu menjadi pertimbangan utama dalam mendesain kekuatan kamera ganda tersebut. Itu sekaligus mengukukuhkan Vivo sebagai produsen pertama yang menciptakan ponsel pintar pertama semacam ini. Di V5 saja ponsel belakang 20 MP, sedangkan depan 13 MP.

“Kami telah menyiapkan tujuh pusat penelitian dan pengembangan, yakni di Silicon Valley, San Diego, dan lima kota di China.”

Vivo pun kelihatan sekali tidak mau main-main dengan kualitas produknya. Dalam mengemas kameranya, Vivo bekerja sama dengan Sony, produsen elektronik asal Jepang. Saat tim TechnoBusiness melakukan uji coba, V5 Plus mampu menghasilkan gambar yang bagus berkat Selfie softlight dan algoritma pengelolaan gambar yang canggih.

Lensa f/2.0 aperture besar, lensa 5P, dan kamera sekundernya sanggup merekam gambar sebanding dengan kamera DLSR. Selain itu, ponsel ini juga memiliki gen musik. Dengan membenamkan AK4376 custom-made ikonik dengan rasio signal-to-noise hingga 115 dB, ponsel ini menghasilkan suara kualitas tinggi. Ini semakin memperkuat positioning produk ini sebagai ponsel “Camera & Music”.

 

Indonesia menjadi sasaran pasar berikutnya mulai Februari ini setelah negara-negara Asia Tenggara lainnya dan India yang sudah lebih dulu.  

 

Alex Fang, Vice President Vivo Global, di Shenzhen, China, minggu lalu mengatakan Vivo mewarisi pengalaman baru dalam urusan fotografi mobile dan mendengarkan musik, dua hal yang amat penting dalam hidup banyak orang. Demi mendapatkan inovasi teknis yang premium di semua aspek pada 2017, “Kami telah menyiapkan tujuh pusat penelitian dan pengembangan, yakni di Silicon Valley, San Diego, dan lima kota di China,” katanya.

 
V5 Plus merupakan salah satu produk fenomenal yang dihasilkan dari pusat penelitian dan pengembangan tersebut. Desain yang disodorkan menunjukkan citra ponsel kelas menengah. Layarnya yang berukuran 5,5 inci diikuti tepian melengkung dan dibalut bezels ultra-sempit membuat semakin nyaman kala dipegang. Produk ini lebih maju dari V5 karena telah ditambahkan teknologi pengenalan sidik jari.

Pengguna dapat memanfaatkan ponsel ini secara maksimal karena didukung RAM sebesar 4 GB dan ROM 64 GB. Sayangnya, baterai 3160 mAh tidak terlalu besar untuk ponsel yang dimaksudkan untuk penggemar selfie dan musik, apalagi berselancar di internet. V5 Plus saat ini telah tersedia di India, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Myanmar, dan Indonesia mendapat giliran mulai Februari ini.**