TechnoBusiness News
TikTok Shop Hadirkan Fitur Shopping Center, Penjual Kian Untung
Fitur Shopping Center di TikTop Shop meningkatkan pengalaman penjual dan pembeli.
Published
2 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● TikTok Shop, salah satu layanan dari TikTok, menghadirkan fitur Shopping Center di Indonesia guna mempermudah pengguna menemukan lebih banyak pilihan produk dan membantu merchant mengelola pesanan dengan lebih baik.
Fitur tersebut mengacu pada konsep Shoppertainment yang diperkenalkan oleh TikTok—yang menitikberatkan pada brand dan bisnis untuk menghadirkan unsur hiburan terlebih dahulu (entertainment-first) sebelum mengajak pengguna melakukan kegiatan berbelanja (commerce-second).
Baca Juga: Asyik, Karyawan Yellow.ai Bisa Ikut Miliki Saham Perusahaan
Manajemen TikTok Shop Indonesia pada Selasa (18/10) menyatakan TikTok Shop selalu berusaha memberdayakan komunitas, kreator, dan merchant di Indonesia lewat inovasi dan perkembangan terbaru untuk memberikan pengalaman jual beli yang lebih baik lagi.
Dengan menghadirkan fitur Shopping Center, pengguna bisa merasakan pengalaman berbelanja secara mudah, ringkas, sekaligus menghibur di platform TikTok. Juga, membantu para penjual lebih berkembang dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru dari komunitas TikTok.
Meski baru diumumkan peluncurannya, fitur Shopping Center di TikTok Shop telah dirasakan oleh pengguna pada momen kampanye belanja 10.10. Dalam kampanye 10.10 tahun ini, total Gross Merchandise Value yang dicatatkan TikTok Indoesia tumbuh 148% dan fitur Shopping Center menyumbang 17,7%.
Fitur Shopping Center pada kampanye belanja 10.10 2021 menyumbang 17,7% GMV TikTok Shop.
“TikTok Shop membantu kami untuk meningkatkan penjualan, di mana kami menghadirkan beberapa produk bundling yang menjadi lebih murah dari biasanya,” kata TTS Marketing Manager Realme Daffa Iqbal R. “Kami berterima kasih atas dukungan TikTok Shop, khususnya untuk kampanye 10.10.”
Bukan hanya Realme yang merasakan keuntungan atas kehadiran fitur Shopping Center di TikTok Shop. Kelontong Milenial, toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, menurut Erlia Mamaia, pemiliknya, memperoleh kenaikan GMV sebesar 162% berkat fitur Shopping Center.
Baca Juga: Jumlah Transaksi Tokopedia Now! Kuartal 3/2022 Naik 24 Kali Lipat
TikTok memang pintar membaca peluang. Menurut Jeffrey Bahar, COO Spire Research and Consulting, strategi TikTok menghadirkan fitur Shopping Center di TikTok Shop cukup brilian menyusul perilisan TikTok Shop itu sendiri.
“Sejak kehadirannya, TikTok sudah mengejutkan, bahkan termasuk raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya,” kata Jeffrey. “Tak disangka TikTok yang sukses dengan konsep video pendek vertikalnya kini bertransformasi ke media yang lebih luas, yakni e-commerce, dan lagi-lagi sukses.”
Bahkan, sekarang TikTok menjadi tolok ukur produk itu sukses atau tidak. “Kalau ingin sukses di pasar, pemasar berlomba-lomba mengejar agar produknya viral di TikTok. TikTok telah menjadi platform pemasaran yang luar biasa, yang kini memperkuatnya dengan fitur Shopping Center,” lanjutnya.●
—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: TikTok
You may like
-
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024
-
MMA Impact Indonesia 2024 Soroti Dampak Mendalam Digitalisasi
-
Laba Bersih BCA Digital pada Kuartal 3/2024 Tumbuh 532,7%
-
Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Devo Technology
-
BPA Broker Hadirkan Solusi Telekonsultasi Kesehatan dr. Barron
-
IBM AI in Action Report Identifies Key Characteristics of Businesses
-
Pengiriman Tablet Jelang Musim Liburan Secara Global Naik 11%
-
Donald Trump Menang, Harga Bitcoin Cetak Rekor Rp1,2 Miliar
-
Awas, Penjahat Siber Sebarkan Captcha Palsu yang Berbahaya!