Connect with us

TechnoBusiness Talks

Bhinneka.com: “Semoga Target Tetap Tercapai”

Published

on

Bhinneka.com telah mengubah strategi bisnisnya dalam menghadapi pandemi COVID-19. Seperti apa perubahannya?

TechnoBusiness Talks • Bhinneka.com, marketplace B2B yang mengkhususkan pada penjualan perangkat komputer dan aksesorinya, menyatakan telah mengubah strategi dalam menghadapi pandemi COVID-19.

TechnoBusiness Talks: AWS Indonesia: “Indonesia Pasar yang Penting bagi AWS” (2)

Menurut Vensia Tjhin, Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.com, strategi yang semula bertumpu pada omni-channel, kini difokuskan ke arah online. “Kami fokuskan semuanya secara online,” katanya.

Advertisement

Nah, untuk mengetahui seperti apa kinerja bisnis Bhinneka.com sebelum dan setelah pandemi COVID-19, M. Yunus dari TechnoBusiness Indonesia mewawancarai Vensia dalam program “TechnoBusiness Talks” pada Rabu (23/9) pekan lalu.

TechnoBusiness Talks: Tokopedia: “Hadapi Pandemi, Kami Ubah Strategi Kampanye”

Berikut petikannya: 

Seperti apa strategi Bhinneka.com sebelum dan sesudah pandemi COVID-19?

Bhinneka.com

Sejak pertengahan 2019, Bhinneka.com yang fokus pada segmen Business to Business (B2B) telah bertransformasi menjadi super-ekosistem untuk bisnis (business super ecosystem).

Lebih dari sekadar toko online, Bhinneka.com menjadi platform yang mempertemukan kebutuhan bisnis dari hulu ke hilir para pelanggan kami, baik itu UMKM, korporasi, maupun institusi pemerintah.

Advertisement

Sebelum pandemi, strategi ini kami jalankan secara omni channel, baik melalui kanal online (website, media sosial, chat, email, telepon), dan offline (toko fisik, acara komunitas, dll).

Dengan adanya pandemi, pendekatan perusahaan mengalami penyesuaian. Kami fokuskan semuanya secara online. Bahkan, hubungan antara account manager kita dengan para klien korporasi juga dilakukan secara online. Semua aktivitas bisnis pun terjadi dalam platform.

Selama pandemi, jumlah pelanggan Bhinneka.com naik atau turun?

Kenaikan pelanggan terjadi. Tetapi, berbeda dengan marketplace pada umumnya, pelanggan yang bertambah didominasi dari segmen UMKM dan korporasi.

Sedangkan untuk penjualan, terjadi peningkatan permintaan, tetapi lebih lamban jika dibandingkan secara year on year. Tidak hanya karena work from home, tetapi juga karena banyaknya UMKM yang harus pivot bisnisnya, serta aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Advertisement

Lalu, apakah kenaikan jumlah pelanggan itu berimbas pada belanja infrastruktur teknologi informasi?

Dengan adanya pandemi, pendekatan perusahaan mengalami penyesuaian.

Sebelum pandemi, Bhinneka.com telah mengalokasikan belanja infrastruktur di akhir 2019.

Proyeksi ini dijaga demi menjaga operasional business as usual (BAU) yang baik. Sejauh ini, tidak ada perubahan dari persentase belanja infrastruktur tersebut.

Untuk data center, Bhinneka.com menggunakan gabungan layanan mandiri yang dikelola oleh internal dan cloud service pihak ketiga. 

Untuk pihak ketiga, pakai layanan cloud dari mana?

AWS

Advertisement

Kondisi perekonomian kurang baik tahun ini. Bhinneka.com menurunkan target penjualannya atau tetap optimistis bisa meraihnya?

Bhinneka.com tetap optimistis bisa mencapai proyeksi bisnis yang telah disesuaikan di tengah tahun ini.

Kami terus berupaya menghadirkan inovasi produk, layanan, dan penyediaan kelengkapan produk untuk kenormalan baru lingkungan kerja, rumah, dan sekolah.

Juga, terutama semangat dan ketangguhan seluruh jajaran tim Bhinneka.com sangat mendukung, semoga target tetap tercapai.•

 

Advertisement

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Continue Reading
Advertisement
26 Comments

26 Comments

  1. Good website! I really love how it is easy on my eyes and the data are well written. I’m wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your feed which must do the trick! Have a nice day!

  2. I’ve learn several excellent stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you place to make this type of excellent informative web site.

  3. Big Farm

    26/12/2022 at 9:57 AM

    Thank you for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do a little research about this. We got a grab a book from our local library but I think I learned more from this post. I am very glad to see such magnificent info being shared freely out there.

  4. I have been browsing on-line more than three hours these days, but I never discovered any fascinating article like yours. It is pretty value sufficient for me. Personally, if all site owners and bloggers made good content material as you did, the net will be a lot more useful than ever before. “Where facts are few, experts are many.” by Donald R. Gannon.

  5. Thank you for the sensible critique. Me & my neighbor were just preparing to do some research about this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more clear from this post. I am very glad to see such excellent info being shared freely out there.

  6. business forms printing

    12/01/2023 at 11:12 AM

    Simply wanna remark that you have a very nice internet site, I love the layout it really stands out.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *