Connect with us

TechnoBusiness News

Strategi Oppo Sasar Pasar Premium Lewat Oppo Experience Store

Oppo Experience Store menjadi strategi Oppo Indonesia dalam memasuki segmen pasar premium.

Published

on

Oppo Experience Store Lippo Puri Mall, salah satu gerai yang dibuka Oppo Indonesia pada Jumat (23/12) lalu.

Jakarta, TechnoBusiness ID Setelah kokoh menjadi merek nomor satu di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya berdasarkan laporan firma riset Canalyst, Oppo lantas bertekad untuk naik kelas.

Oppo, merek besutan Guangdong Oppo Mobile Telecommunications Corp., Ltd., anak perusahaan BBK Electronics, China, yang berangkat dari pasar kelas menengah bawah kini mulai serius mengincar segmen premium.

Baca Juga: Inilah Alasan di Balik Mitratel Akuisisi 6.012 KM Fiber Optik

Menjelang memasuki tahun baru 2023, pada Jumat (23/12) lalu Oppo Indonesia membuka delapan gerai sekaligus, yang terdiri dari 3 Oppo Store dan 5 Oppo Experience Store di 8 kota sekaligus.

Advertisement

Berbeda dengan Oppo Store, Oppo Experience Store merupakan konsep gerai ponsel baru yang menyuguhkan produk lebih lengkap dengan area pengalaman pelanggan (customer experience) yang lebih luas dan nyaman.

Seperti Oppo Experience Store di Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat, salah satu gerai yang diresmikan hari itu, gerainya berbalut warna putih yang dominan dengan aksen warna alam yang elegan.

Di dalam gerai terdapat pajangan aneka produk, mulai dari smartphone, perangkat Internet of Things, hingga aksesori pendukung, yang bisa dicoba langsung oleh pelanggan.  

Oppo juga menyiapkan sales consultant terlatih yang siap menjelaskan secara detail mengenai produk yang dapat dipilih konsumen sesuai kebutuhannya.

“Di Oppo Experience Store, Oppo memastikan setiap pelanggan keluar dengan bahagia.”

“Oppo sadar, dalam memilih gadget umumnya konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi toko offline dan mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli,” kata CEO Oppo Indonesia Jim Zhang.

Itu alasannya Oppo Indonesia menghadirkan jaringan Oppo Experience Store yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu experience zone, smart living zone, dan unboxing zone tersebut.

Advertisement

Tiga Pilar Layanan

Di samping mengelompokkan tiga bagian utama berdasarkan kategori produk, Oppo Indonesia juga fokus pada tiga pilar layanan pada gerai-gerai Oppo Experience Store-nya.

Ketiga pilar layanan itu, antara lain membangun hubungan personal dengan pelanggan, memberikan layanan kepada pelanggan yang tepat, dan melayani sepenuh hati.

Baca Juga: Fortinet Hadirkan Format Baru Kantor Jakarta, Ini Konsepnya

“Oppo Experience Store menjadi basis Oppo dalam membangun komunitas pelanggan yang dapat saling berinteraksi,” ungkap Zhang saat meresmikan Oppo Experience Store di Lippo Mall Puri, Jakarta.

Advertisement

Begitulah strategi Oppo Indonesia dalam menyelinap ke segmen pasar kelas menengah atas. Kata Zhang, di Oppo Experience Store, Oppo memastikan setiap pelanggan keluar dengan bahagia dan penuh senyuman.

Strategi Naik Kelas

JEFFREY BAHAR COO Spire Research and Consulting

Strategi itu membuktikan bahwa sebagai merek China, Oppo tidak diragukan lagi kualitasnya, bahkan sudah naik kelas dari segmen menengah bawah menjadi segmen premium untuk kalangan menengah atas. 

“Sekarang ini, hampir tidak ada konsumen yang meragukan kualitas ponsel China. Setelah merajai pasar, kini merek-merek tersebut, termasuk Oppo, mulai naik ke kelas premium,” kata Jeffrey Bahar, COO Spire Research and Consulting. 

Baca Juga: Xapiens Gandeng Odoo untuk Permudah Sistem Bisnis Pelanggan

Karena secara kualitas produk sudah mumpuni, Jeffrey melanjutkan, strategi naik kelas itu tidak akan sulit, apalagi dibarengi dengan jaringan distribusi dan after sales service yang tersebar di mana-mana. 
Setelah itu, tugas Oppo dan merek-merek China lainnya adalah memperkuat merek menjadi merek gaya hidup (life style brand), bukan sekadar merek dengan kualitas produk yang bagus.

Advertisement

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID Foto: Oppo Indonesia