Connect with us

TechnoBusiness News

Gerak Cepat, Pabrik Air Minum Cleo Beroperasi di IKN Nusantara

Tanobel Group mengakhiri 2023 dengan membuka pabrik Cleo di IKN Nusantara.

Published

on

Kini, pabrik Cleo juga ada di kawasan IKN Nusantara. ● Foto: Tanobel Group

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Sariguna Primatirta Tbk. IDX: CLEO), produsen air minum dalam kemasan di bawah naungan Tanobel Group, menutup 2023 dengan membuka pabrik Cleo di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

TechnoBusiness News: Reku Lengkapi Platformnya dengan Fitur Investment Insight

Pembukaan pabrik itu menjadi bukti dukungan perusahaan terhadap pengembangan ibu kota baru, selain juga menangkap peluang pasar lokal kawasan yang dipastikan besar serta untuk memenuhi kebutuhan hingga Samarinda dan Balikpapan.

Berlokasi di Karya Merdeka, Samboja, Kutai Kartanegara, pabrik Cleo tersebut berjarak 40 menit dari Titik Nol Kilometer IKN. “Pabrik ini, selain merupakan langkah strategis dalam mengembangkan supply chain distribusi di luar Jawa, juga bermakna simbolis yang kuat,” kata CEO Cleo Melisa Patricia.

Advertisement

32 Pabrik

Membangun pabrik Cleo di kawasan IKN itu mengartikan bahwa Tanobel Group mengawali 2024 dengan mengoperasikan total 32 pabrik air minum dalam kemasan, sehingga menjadikan perusahaan air minum dalam kemasan dengan pabrik terbanyak di Tanah Air.

Selama 2023, perusahaan tersebut menggelontorkan investasi sekitar Rp300 miliar untuk pembangunan pabrik, penambahan mesin, hingga penguatan jaringan distribusi.

Tahun ini, perusahaan akan mengalokasikan dana yang sama untuk menambah pabrik baru, mengembangan pabrik yang ada, menambah mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, serta memperluas jaringan distribusi.

TechnoBusiness News: Inagro Tingkatkan Produktivitas Pertanian Gunakan Data Satelit

Advertisement

Rencananya, Tanobel Group akan membangun tiga pabrik baru di Palu, Sulawesi Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Pekanbaru, Riau. Melisa optimistis ekspansi secara agresif itu akan berbuah pertumbuhan double digit setiap tahunnya.

Bukan hanya menambah kapasitas produksi, perusahaan juga akan aktif meluncurkan produk-produk baru. Seperti yang dilakukan belum lama ini, Cleo merilis produk Cleo Platine Sparkling Water dengan target pasar perhotelan, restoran, dan kafe premium.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID

Advertisement