Connect with us

TechnoBusiness News

Solusi RISE with SAP Terbangkan Bangkok Airways Kian Tinggi

Bangkok Airways mulai menggunakan solusi RISE with SAP.

Published

on

Bangkok Airways (kiri) dan Singapore Airlines (kanan) saling berdampingan. ● Foto: Bangkok Airways

● Kini, Bangkok Airways beralih ke infrastruktur cloud melalui RISE with SAP on AWS.

● “Ketika masih menggunakan sistem lama, produktivitas kami tidak terlalu baik.”

Advertisement

Bangkok, TechnoBusiness TH Bangkok Airways Public Company Limited (IATA: PG, ICAO: BKP), maskapai regional asal Thailand yang didirikan pada 1968 dengan nama Sahakol Air, baru-baru ini mengumuumkan telah memilih platform RISE with SAP.

TechnoBusiness News: Multipolar Technology Bocorkan Dua Solusi Canggih Penangkal Kejahatan Siber di Industri Ritel

Sesuai namanya, RISE with SAP merupakan platform penawaran transformasi bisnis yang lengkap untuk solusi cloud, infrastruktur, dan layanan perusahaan keluaran SAP SE asal Jerman. Solusi tersebut memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi.

Selain itu, Kulwipa Piyawattanametha, Managing Director SAP Indochina, mengungkapkan, solusi RISE with SAP juga mampu beradaptasi dengan sistem operasional dan mengubah manajemen sumber daya teknologi informasi perusahaan.

Selama hampir satu dekade ini, Bangkok Airways menggunakan solusi enterprise resource planning (ERP) dari SAP untuk mengelola data operasional dan profitabilitas perusahaan. Fase berikutnya, maskapai tersebut membutuhkan sistem yang lebih fleksibel dan terukur.

Advertisement

Kini, Bangkok Airways beralih ke infrastruktur cloud melalui RISE with SAP on AWS, sehingga bergeser dari model scale-out ke scale-up. Maskapai mengadopsi strategi clean core untuk menstandarkan proses dan data ERP dengan modifikasi minimal.

Juga, menambahkan ekstensi dan penyesuaian dengan cloud seiring perkembangan bisnis perusahaan. Dengan solusi RISE with SAP, Bangkok Airways berharap dapat menyederhanakan proses pemeliharaan, menurunkan biaya, dan meningkatkan skalabilitas.

Sejak menggunakan cloud pada November 2023, Bangkok Airways telah merasakan ketersediaan sistem yang meningkat. Pemrosesan batch untuk operasional back-office dan otomatisasi alur kerjanya yang terpusat memberikan visibilitas dan wawasan lebih baik.

TechnoBusiness News: Lintasarta Perkenalkan Solusi Deka GPU dengan Performa Tinggi

Dengan kemampuan pemulihan bencana yang mumpuni, Bangkok Airways dapat mengurangi risiko kehilangan data dan waktu henti—yang berpengaruh pada peningkatan kinerja serta keandalan sistem. RISE with SAP on AWS berperan mempercepat kemampuan tersebut.

Advertisement

Selama 2023, Bangkok Airways, maskapai penerbangan butik yang melayani lebih dari 12 destinasi domestik, 7 destinasi internasional, dan mengoperasikan tiga bandara di Thailand, berhasil mengangkut sekitar 4,4 juta penumpang.

“Kami sekarang dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan kami selama periode puncak dan menghemat biaya dari efisiensi yang lebih besar. Ketika masih menggunakan sistem lama, produktivitas kami tidak terlalu baik,” ungkap Monpraon Sukroongreung, Senior Director of Corporate Communications Bangkok Airways.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness TH

Advertisement