Connect with us

TechnoBusiness News

Solusi Relex Sukses Pangkas 280 Juta Kg Sampah Makanan Peritel

Relex Solutions berhasil membantu peritel mengurangi sampah makanan lewat solusinya.

Published

on

● Relex Solutions sukses membantu para peritel mengurangi hingga 280 juta kilogram limbah makanan selama 2023.

● “Kami selalu berupaya untuk mengembangkan solusi yang ramah lingkungan.”

Advertisement

Jakarta, TechnoBusiness ID Relex Solutions, penyedia solusi perencanaan rantai pasokan dan ritel terpadu asal Espoo, Finlandia, sepanjang 2023 sukses membantu para peritel mengurangi hingga 280 juta kilogram limbah makanan melalui teknologinya.

Dalam Sustainability Report 2024 yang baru dirilis, Relex membeberkan bagaimana solusinya dapat membantu peritel meningkatkan akurasi prakiraan permintaan, mengoptimalkan perencanaan, dan mengoptimalkan rantai pasokan untuk menyelaraskan persediaan barang dengan jumlah aktual permintaan pelanggan.

TechnoBusiness News: Multipolar Technology Bagikan Strategi Cepat Pengembangan Layanan Perbankan

Dengan begitu, Head of Sustainability Relex Svante Gothe, mengatakan, solusi Relex berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dapat mengurangi limbah makanan dan menekan biaya operasional sekaligus memberikan keuntungan bagi peritel serta manfaat bagi lingkungan.  

Solusi itu menjadi penting mengingat setiap tahunnya sepertiga dari pasokan makanan di dunia berakhir menjadi limbah. Melalui prakiraan permintan dan perencanaan rantai pasokan yang mutakhir, Relex berhasil membantu peritel untuk mengurangi jumlah barang cepat busuk yang tidak terjual hingga mencegah 950.000 ton emisi CO2.

Advertisement

“Kami selalu berupaya untuk mengembangkan solusi yang ramah lingkungan, mendukung keberlanjutan, sekaligus memastikan keberlanjutan operasi kami,” ungkap co-founder dan Chief Sustainability Officer Relex Solutions Johanna Smaros. “Kami akan berinovasi, berkolaborasi, dan melakukan pengembangan untuk itu.”

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID