TechnoBusiness News
MMA Global Indonesia Luncurkan Brand Safety & MarTech 2025
Laporan itu menyoroti tentang kepercayaa, teknologi, dan transformasi digital.

Laporan itu menyoroti tentang kepercayaan, teknologi, dan transformasi digital.
MMA Global Indonesia meluncurkan Brand Safety & MarTech 2025 Annual Report.
“Laporan ini memberdayakan pemasar untuk bertindak secara tegas.”
Jakarta, TechnoBusiness ID — MMA Global Indonesia, asosiasi insan pemasaran dan periklanan global di Indonesia, meluncurkan Brand Safety & MarTech 2025 Annual Industry Report, laporan yang memetakan kepercayaan, teknologi, dan transformasi ekonomi digital Indonesia.
Di dalamnya termasuk menawarkan panduan penting tentang strategi imperatif pertumbuhan bisnis di ranah pemasaran dan periklanan dalam bentuk yang lebih jelas, mulai dari pola pikir, ide, kreativitas, teknologi, hingga kepercayaan konsumen.
Shanti Tolani, Country Head & Board of Director MMA Global Indonesia, mengatakan, masa depan pemasaran terletak pada kepercayaan dan transformasi. “Laporan ini memberdayakan pemasar untuk bertindak secara tegas, dengan inovasi dan pandangan yang jelas,” ujarnya.
Laporan itu juga menyoroti tentang perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diyakini akan memberikan dampak transformatif pada perekonomian Indonesia–dengan proyeksi kontribusi AI hingga US$366 miliar pada 2030.
Menurut Fika Novia Rahma Putri, Research and Partnership Coordinator MMA Global Indonesia, hal itu tercermin pada sebagian besar industri (92%) yang mengakui AI sebagai hal penting untuk mempertahankan daya saing.
Dalam adopsi AI, 43% industri berada pada fase eksplorasi, tetapi dengan proporsi yang signifikan (22%) berada di fase early adaptor, sementara 10% responden telah memperluas penggunaan AI.
“Lanskap pemasaran sosial juga menawarkan peluang yang diperluas–dengan Indonesia yang memiliki lebih dari 143 juta pengguna media sosial aktif. Sebanyak 48,8% masyarakat Indonesia menggunakan media sosial untuk memperbarui diri sesuai tren yang berkembang,” katanya.
Seiring skala ekonomi digital yang terus berkembang, MMA Global Indonesia tetap berkomitmen untuk mengatalisasi inovasi yang menciptakan nilai nyata bagi jenama, konsumen, dan komunitas bisnis yang lebih luas.
–Vino Darmawan, TechnoBusiness ID