Connect with us

TechnoBusiness News

Wisatawan Korea Selatan Sukai Wisata Jawa Tengah dan Yogyakarta

Peningkatan pencarian akomodasi dari wisatawan internasional ke Yogyakarta sebesar 15% pada November.

Published

on

Festival Kesehatan Wonderful Indonesia di Yogyakarta dan Surakarta mendongkrak daya tarik destinasi.

“Potensi wisata kebugaran Indonesia sangat besar dan layak mendapat perhatian global.”

JAKARTA, TechnoBusiness ID Agoda, platform perjalanan digital global, melaporkan peningkatan minat wisata ke Yogyakarta dan Surakarta pada November 2025, bertepatan dengan Festival Kesehatan Wonderful Indonesia yang akan datang. Festival ini telah menarik pertumbuhan minat wisata tertinggi dari warga Korea Selatan, dengan pencarian akomodasi di Agoda untuk periode ini meningkat lebih dari sebelas kali lipat. Tren pencarian dari Agoda menyoroti meningkatnya daya tarik wisata kesehatan dan pengalaman holistik serta potensi Indonesia yang semakin besar sebagai pusat wisata kesehatan terkemuka.

Diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, Festival Kesehatan Wonderful Indonesia menampilkan kekayaan warisan kesehatan Kerajaan Mataram, memadukan tradisi Jawa dengan praktik kesehatan modern. Acara ini menggabungkan dua festival: Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF) 2025 di Yogyakarta dan Royal Surakarta Wellness Festival (RSWF) di Surakarta.

Advertisement

Data Agoda menunjukkan bahwa festival ini menarik minat para penggemar kebugaran dari seluruh dunia, dengan peningkatan pencarian akomodasi dari wisatawan internasional ke Yogyakarta sebesar 15% pada November, dan peningkatan pencarian ke Surakarta yang bahkan lebih tinggi, yaitu 119%, dibandingkan tahun sebelumnya.

Tiga pasar teratas yang menunjukkan minat wisata ke Yogyakarta dan Surakarta selama festival kebugaran ini adalah Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura, dengan Korea Selatan mencatat pertumbuhan minat tertinggi sebesar 1.121%. Selain itu, wisatawan dari Thailand dan Jepang juga menunjukkan minat yang tinggi, dengan peningkatan pencarian masing-masing sebesar 221% dan 16%.

Wawasan ini mencerminkan tren yang lebih luas di mana wisatawan memprioritaskan kesehatan dan kebugaran dalam rencana perjalanan mereka, dengan minat wisata regional dari pasar-pasar Asia terdekat yang paling kuat. Meningkatnya minat wisatawan Korea Selatan untuk mengunjungi Yogyakarta dan Surakarta juga sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk mempromosikan wisata kebugaran Indonesia kepada wisatawan Korea Selatan saat berkunjung ke Seoul pada bulan September.

Dengan meningkatnya minat terhadap wisata kebugaran di samping upaya pemerintah yang semakin gencar untuk mempromosikan penawaran kebugaran tradisional Indonesia yang unik, Indonesia berada di posisi yang tepat untuk menjadi salah satu pusat wisata kebugaran yang paling diminati di kawasan ini dan di seluruh dunia. Bahkan, menurut Global Wellness Institute, Indonesia saat ini berada di peringkat enam besar negara dengan ekonomi kebugaran teratas di kawasan Asia Pasifik dengan pertumbuhan tertinggi ketiga.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia, mengatakan, “Potensi wisata kebugaran Indonesia sangat besar dan layak mendapat perhatian global. Selain destinasi terkenal seperti Bali, Yogyakarta, dan Surakarta, masih banyak daerah lain dengan potensi yang belum tergarap. Agoda berkomitmen untuk membantu wisatawan merasakan kekayaan budaya dan tradisi kebugaran Indonesia melalui platform yang memudahkan wisatawan menemukan akomodasi, penerbangan, dan aktivitas untuk menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa.”

Advertisement

PURJONO AGUS SUHENDRO/TechnoBusiness ID

TechnoBusiness, Menara Astra Lt. 25 Unit 25D, Jalan Jend. Sudirman Kav. 5-6, Jakarta 10220, E-mail: editorial@technobusiness.id Copyright © 2017-2025 - TechnoBusiness: Published by PT Pasx Strato International, A Member of Pasxmedia Holding. All Rights Reserved.