Connect with us

TechnoBusiness News

Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Bukukan US$84,54 Miliar

Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Group tahun ini berhasil mencatatkan GMV tertinggi sepanjang sejarah.

Published

on

Festival Belanja Global 11.11 Alibaba berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi secara konsisten.

Hangzhou, TechnoBusiness CN Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA, HKEx: 9988) menutup Festival Belanja Global 11.11 yang digelar selama 11 hari pada hari ini dengan membukukan gross merchandise value (GMV) senilai RMB540,3 miliar (US$84,54 miliar).

Festival Belanja Global 11.11 Alibaba (Alibaba’s 11.11 Global Shopping Festival) yang tahun ini menjadi tahun ke-13 penyelenggaraannya diramaikan oleh 290.000 merek, 65%-nya dari usaha kecil, dan mampu membukukan GMV tertinggi sepanjang sejarah.

Baca Juga: GoDaddy Akuisisi Penemu Managed WordPress Pagely

Dalam pengumuman resminya, sebanyak 78 merek yang dipasarkan melalui Festival Belanja Global 11.11 Alibaba mengalami pertumbuhan GMV dari RMB10 juta tahun lalu menjadi lebih dari RMB100 juta. Sebanyak 698 merek mengalami pertumbuhan GMV dari RMB1 juta menjadi RMB10 juta.

Advertisement

Dalam festival belanja tahunan tersebut, melalui platform Tmall, Alibaba Group menawarkan 500.000 produk dari 200 merchant yang sudah memiliki sertifikat ramah lingkungan. Sektor agrikultur dari wilayah pedesaan pun mencatatkan peningkatan GMV sebesar 20%.

Festival Belanja Global 11.11 Alibaba di Tmall Global tahun ini diramaikan 1,3 juta produk baru.

Lebih lanjut manajemen Alibaba Group menyebutkan Festival Belanja Global 11.11 Alibaba di Tmall Global tahun ini diramaikan oleh 1,3 juta produk baru yang diluncurkan oleh 29.000 merek dari luar China. Sebanyak 2.800 merek di antaranya merupakan peserta baru.

Baca Juga: Omron Investasi di Perusahaan Robot Kolaboratif Techman Robot

Lebih dari 1.600 merek turut berpartisipasi dalam kampanye membership challenge dan telah menarik lebih dari 97 juta member baru selama gelaran Festival Belanja Global 11.11 tersebut. Yang menarik, lebih dari 1 juta paket dikirimkan oleh 350 Xiaomanlv, robot pengiriman Alibaba.

Jumlah paket yang dikirimkan Xiaomanlv selama periode festival itu bahkan melebih dari jumlah pengiriman paket Alibaba Group selama setahun penuh (September 2020-September 2021).

Advertisement

“Pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tahun ini, kami mencatatkan pertumbuhan yang konsisten dan berkualitas. Itu sekaligus merefleksikan ekonomi konsumsi China yang dinamis,” ungkap Vice President Alibaba Group Yang Guang.

—Zhang Ju, TechnoBusiness CN Foto: Alibaba Group