TechnoBusiness News
Udana.id, Platform Crowdfunding Terbaru di Indonesia, Konsepnya?
Udana.id hadir sebagai platform crowdfunding yang bertujuan untuk membantu pengembangan bisnis UMKM.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Udana.id, platform crowdfunding alias urun dana yang dikelola oleh PT Dana Rintis Indonesia, pada Jumat (18/3) pekan lalu meresmikan kantor barunya di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.
Peresmian kantor baru itu bukan sekadar sebagai tempat bekerja, melainkan sebagai tanda bahwa Udana.id mulai beroperasi secara legal dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Baca Juga: Fujifilm Hadirkan FDR Nano, Mobile Digital X-Ray Berteknologi AI untuk RSUI
Lantas, apa yang membedakan dengan platform crowdfunding yang sudah ada saat ini? CEO Udana.id Eric Wicaksono menjelaskan bahwa Udana.id merupakan platform crowdfunding yang bertujuan untuk membuka akses pendanaan dan investasi bagi masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
“Melalui Udana.id, pebisnis dapat terhubung dengan sumber pendanaan alternatif yang bisa membantu bisnis untuk tumbuh,” katanya. “Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses penawaran bisnis terbaik yang berdampak positif bagi perekonomian nasional.”
Udana.id akan menyalurkan pendanaan senilai Rp40 miliar untuk 20 UMKM tahun ini.
Sebaliknya, sebagaimana konsep platform crowdfunding, Udana.id juga bisa menjadi instrumen investasi bagi pemilik dana (lender). Dana itu lantas disalurkan ke peminjam (borrower) seperti pelaku UMKM dengan penghitungan sang lender akan turut mendapatkan keuntungan.
Baca Juga: Pinhome Tawarkan Program #CicilDiPinhome Tanpa BI Checking
Tahun ini, Udana.id berencana menyalurkan pendanaan ke 20 UMKM senilai total Rp40 miliar. Sejalan dengan itu, Udana.id juga akan melakukan serangkaian edukasi kepada masyarakat luas demi meningkatkan jumlah pengguna ke depan.●
—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID ● Foto: Udana.id