Connect with us

TechnoBusiness News

Sayurbox Kantongi US$120 Juta dari Northstar dan Alpha JWC Ventures

Hingga kini Sayurbox telah mengumpulkan pendanaan total senilai US$139,2 juta.

Published

on

Seorang petugas dari Sayurbox sedang mengantarkan pesanan sayuran segar kepada pelanggan.

Jakarta, TechnoBusiness ID Sayurbox, platform penyedia sayuran, buah-buahan, daging, makanan laut, dan aneka bahan makanan sehari-hari lainnya, baru saja mendapatkan pendanaan Seri C senilai US$120 juta dari sejumlah investor yang dipimpin oleh Northstar dan Alpha JWC Ventures.

Investor yang turut dalam pendanaan itu, yaitu International Finance Corporation (IFC), World Bank Group; serta investor-investor lama, seperti PT Astra International Tbk., Syngenta Group Ventures, dan Global Brain Corporation.

Atas pendanaan terbaru itu, Amanda Cole, co-founder dan CEO Sayurbox, mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelanggan yang telah memercayai Sayurbox sejak diluncurkan pada 2017 hingga berkembang sampai saat ini.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada para investor, terutama Northstar dan Alpha JWC Ventures, yang telah memimpin pendanaan terbaru sehingga membawa Sayurbox ke tingkat berikutnya.

Advertisement

Berdasarkan catatan TechnoBusiness Insights, setiap tahun Sayurbox memang mendapatkan kucuran pendanaan dari investor. Pada Juli 2019, Sayurbox memperoleh pendanaan awal (seed round) senilai US$650.000; pada Mei 2020 Sayurbox mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$5 juta.

Sayurbox didirikan oleh Amanda Cole, Metha Trisnawati, dan Rama Notowidigdo pada 2017.

Lalu, pada April 2021 Sayurbox meraih pendanaan Seri B senilai US$15 juta; dan pada Maret tahun ini mengantongi pendanaan Seri C senilai US$120 juta. Jika ditotal, Sayurbox telah mengumpulkan pendanaan sedikitnya sebesar US$139,2 juta.

Kini, dengan menawarkan lebih dari 5.000 produk hasil pertanian di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali, Sayurbox telah melayani sekitar 1 juta pelanggan. Juga, telah bekerja sama dengan 10.000 petani di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Udana.id, Platform Crowdfunding Terbaru di Indonesia, Konsepnya?

Berbekal pendanaan terbaru, Amanda mengatakan, Sayurbox akan mempercepat penetrasi pasar di kota-kota baru seperti Bandung dan lainnya serta memperkuat rantai pasokan secara nasional.

Advertisement

E-grocery merupakan garda terdepan berikutnya untuk e-commerce dan kami sangat senang bisa berpartisipasi dan bekerja sama dengan Sayurbox untuk mengembangkan platformnya ke seluruh Indonesia,” kata Patrick Walujo, co-founder dan Managing Partner Northstar.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Sayurbox