TechnoBusiness News
Berkat Sejumlah Inisiatif, Kinerja Erajaya Group Kian Kinclong
Penjualan bersih Erajaya Group semester 1/2024 tumbuh 14,6%.
Published
4 months agoon
● Erajaya Group sukses meneruskan kinerja positifnya berkat sejumlah inisiatif pengoptimalan produktivitas gerai.
● Tidak hanya mengoptimalkan portofolio yang ada, Erajaya Group juga mengusung merek-merek ritel baru.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT Erajaya Swasembada Tbk. (IDX: ERAA), perusahaan induk yang menaungi empat lini bisnis, antara lain Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Food and Nourishment, dan Erajaya Beauty and Wellness, sepanjang semester 1/2024 berhasil mempertahankan kinerja positifnya.
Dalam siaran pers yang disampaikan pada Rabu (31/7), penjualan bersih Erajaya Group selama satu semester pertama tahun ini tercatat sebesar Rp33,1 triliun, 14,6% lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu (Rp28,9 triliun).
Penjualan yang meningkat telah menaikkan perolehan laba kotor sebesar 16,2% menjadi Rp3,6 triliun dengan margin laba kotor sebesar 10,8%. Sementara itu, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 14,6% menjadi Rp523,6 miliar.
Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group, mengungkapkan, perusahaan sukses meneruskan kinerja positif dari semester-semester sebelumnya berkat sejumlah inisiatif pengoptimalan produktivitas gerai dan memastikan portofolio produk yang ditawarkan, terutama handset dan aksesorinya, sesuai kebutuhan gaya hidup pelanggan.
Bagaimanapun, smartphone dan tablet yang dipasarkan oleh Erajaya Digital masih berkontribusi paling besar, yakni 82%, terhadap angka penjualan bersih Erajaya Group. Kontribusi itu diikuti oleh segmen aksesori dan lainnya sebesar 12%, segmen komputer dan peralatan elektronik lainnya sebesar 4%, serta segmen produk operator sebesar 2%.
Ritel Baru
Tidak hanya mengoptimalkan portofolio yang ada, Erajaya Group juga mengusung merek-merek ritel baru sebagai bagian dari sejumlah inisiatif untuk meningkatkan produktivitas. Setidaknya ada dua merek baru yang usung melalui Erajaya Food & Nourishment selama semester 1/2024, yaitu Bacha Coffee dan Curry Up.
Baca Juga:
- PingPong Resmi Fasilitasi Pembayaran Lintas Negara di Indonesia
- Rayakan 48 Tahun Kolaborasi, Datascrip-Canon Adakan Program 4 dan 8
- Hanya Dalam 1,5 Tahun, Kinerja Pluang Plus Tumbuh 22 Kali Lipat
Bacha Coffee merupakan luxury coffee retail and restaurant asal Maroko yang gerai pertamanya dibuka di Plaza Senayan, Jakarta, sedangkan Curry Up adalah merek ritel lokal yang fokus pada menu kari dengan gerai pertamanya di Ashta District 8, Jakarta.
Secara keseluruhan, selama semester 1/2024, Erajaya Group membuka 123 gerai dari 200 gerai baru yang ditargetkan dibuka tahun ini. Penambahan gerai-gerai baru itu menjadikan perusahaan per 30 Juni lalu memiliki sebanyak 2.113 gerai yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, dan Singapura; 78 pusat distribusi; dan sekitar 53.000 gerai pihak ketiga.
Kinerja yang moncer itu berbuah pembagian dividen yang tidak sedikit. Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 19 Juni lalu, para pemegang saham sepakat untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp268 miliar atau Rp17 per lembar saham yang didistribusikan pada 19 Juli.●
—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID
You may like
-
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024
-
MMA Impact Indonesia 2024 Soroti Dampak Mendalam Digitalisasi
-
Laba Bersih BCA Digital pada Kuartal 3/2024 Tumbuh 532,7%
-
Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Devo Technology
-
BPA Broker Hadirkan Solusi Telekonsultasi Kesehatan dr. Barron
-
IBM AI in Action Report Identifies Key Characteristics of Businesses
-
Pengiriman Tablet Jelang Musim Liburan Secara Global Naik 11%
-
Donald Trump Menang, Harga Bitcoin Cetak Rekor Rp1,2 Miliar
-
Awas, Penjahat Siber Sebarkan Captcha Palsu yang Berbahaya!