Connect with us

TechnoBusiness News

Octi Lawan Facebook dengan Teknologi Augmented Reality

Published

on

Berbekal investasi US$12 juta dan teknologi augmented reality, Octi siap melawan dominasi Facebook.

California, TechnoBusiness ● Setelah Selfin yang dihadirkan pada 1,5 tahun lalu, kini muncul satu lagi jejaring sosial pesaing Facebook, yaitu Octi.

Baca Juga: Selamat Datang Selfin, Penantang Baru Facebook

Octi merupakan jejaring sosial pertama yang memanfaatkan teknologi augmented reality. Kini, aplikasi itu sudah dapat diunduh di App Store sejak Kamis (23/1).

Advertisement

Menurut Rich Greenfield, partner di LightShed Partners, salah satu investornya, Octi tak ubahnya aplikasi seluler yang unik dan benar-benar mendorong penggunanya untuk berinteraksi dalam kehidupan nyata.

Baca Juga: SociaBuzz Tribe Mudahkan Kreator Konten Dapat Uang dari Fans

Greenfield menggambarkan Octi seperti layaknya serial televisi Friends. Dalam serial televisi itu, semua orang yang duduk benar-benar berkomunikasi satu sama lain.

“Octi telah menciptakan teknologi mengesankan yang memberi remaja alasan kuat untuk hadir dan berkomunikasi dengan ponsel sambil berkumpul dengan teman-teman terdekat mereka,” katanya.

Bayangkan saja, begitu kamera ponsel Anda mengarah ke seorang teman, Anda dapat langsung melihat profil sosialnya yang muncul di sekitar fotonya.

Advertisement

Baca Juga: Gredu Dukung Pandangan Mendikbud Nadiem Makarim

Profil sosial itu termasuk video YouTube, lagu Spotify, dan foto pribadi favorit bersamaan dengan hamparan efek serta stiker-stiker lucu.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Advertisement

[nextpage]

 

Dengan begitu, Octi merangsang interaksi langsung sebagai fondasi untuk terhubung ke jaringan-jaringan tersebut.

Baca Juga: Gojek: GoFood Catatkan 50 Juta Transaksi Sebulan

“Octi menjadi perusahaan pencipta kerangka kerja augmented reality menarik pertama yang saya lihat untuk interaksi sosial,” ungkap Tom Conrad, Chief Product Officer Quibi, mantan Vice President of Products Snap.

Advertisement

Pendiri dan CEO Octi Justin Fuisz mengaku menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memikirkan kembali seluruh kerangka jejaring sosial yang berbeda dari yang sudah ada.

Baca Juga: CEO Trip.com Jane Sun: Pariwisata Hasilkan 10,4% PDB Global

“Yaitu, sebuah aplikasi yang keduanya berakar pada interaksi pribadi, manusia, dan augmented reality,” kata Fuisz. “Kami memiliki semangat untuk membangun Octi dan memulai debutnya hari ini.”

Semangat Fuisz itu kemudian didukung oleh sejumlah pemodal ventura, antara lain Live Nation, Human Ventures, Anheuser-Busch InBev, Bold Capital Partners dari Peter Diamandis, 12BF, Tom Conrad, Rich Greenfield, Scott Belsky, dan Josh Kushner.

Baca Juga: Xiaomi Suntik Produsen Mobil Listrik Xpeng US$400 Juta

Advertisement

Tidak tanggung-tanggung, para pemodal ventura itu mengucurkan investasi hingga US$12 juta. Setelah di App Store, Fuisz mengatakan, Octi akan segera dihadirkan di Google Play Store.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Octi

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Advertisement

Continue Reading
Advertisement