Connect with us

TechnoBusiness News

Wow, Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,5 Miliar

Published

on

Jumlah pengguna Facebook terus naik, tapi pendapatan bersihnya justru turun. Kok bisa?

California, TechnoBusiness ● Lima tahun lalu sejumlah analis meramalkan jumlah pengguna Facebook akan turun menyusul kejenuhan pengguna muda dan masuknya keluarga tua.

Baca Juga: Octi Lawan Facebook dengan Teknologi Augmented Reality

Tapi, sampai hari ini jumlah pengguna Facebook terus bertambah dan perkiraan analis-analis itu berhasil dipatahkan.

Advertisement

Berdasarkan laporan Facebook, Inc. (Nasdaq: FB) pada Rabu (29/1), jumlah pengguna Facebook yang aktif secara bulanan (monthly active users) per 31 Desember 2019 tembus 2,5 miliar.

Baca Juga: Selamat Datang Selfin, Penantang Baru Facebook

Jumlah itu naik 8% dibanding jumlah pengguna Facebook yang aktif secara bulanan pada 31 Desember 2018.

Sedangkan jumlah pengguna Facebook aktif harian (daily active users)-nya per 31 Desember 2019 naik 9% dibanding tahun lalu menjadi 1,66 miliar akun.

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan Facebook memiliki kuartal dan akhir tahun yang baik karena komunitas dan bisnisnya terus tumbuh.

Advertisement

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

“Kami tetap fokus pada membangun layanan yang membantu orang tetap terhubung dengan mereka yang mereka sayangi,” ujar Zuckerberg.

Advertisement

Baca Juga: SociaBuzz Tribe Mudahkan Kreator Konten Dapat Uang dari Fans

Atas basis jumlah pengguna sebanyak itu, Facebook mengeruk pendapatan sebesar US$70,7 miliar, naik 27% dibanding US$55,8 miliar pada 2018.

Pendapatan terbesar disumbangkan oleh periklanan, yaitu sebesar US$69,65 miliar, naik dari US$55,01 miliar.

Baca Juga: CEO Trip.com Jane Sun: Pariwisata Hasilkan 10,4% PDB Global

Pendapatan selain iklan hanya menyumbangkan US$1,04 juta, yang juga naik dari US$825 juta.

Advertisement

Meski pendapatannya naik, pendapatan bersih (net income) Facebook justru turun 16% dari US$22,11 miliar menjadi US$18,48 miliar.

Baca Juga: Rata-Rata CEO di Dunia Pesimistis Terhadap Laju Perekonomian

Melihat laporan keuangannya, penurunan itu disebabkan oleh total pengeluaran yang naik hingga 51% dari US$30,92 miliar menjadi US$46,98 miliar.

Pendapatan operasionalnya pun turun 4% dari US$24,91 miliar menjadi US$23,98 miliar. Alhasil, keuntungan per sahamnya turun dari US$7,57 menjadi US$6,43.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Facebook

Advertisement

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Advertisement