TechnoBusiness News
Transformasi Bisnis Telkomsel Dinilai Sukses
Published
5 years agoon
Transformasi bisnis Telkomsel dinilai sukses sehingga diganjar dua penghargaan sekaligus oleh Frost & Sullivan.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Transformasi bisnis Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular), anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (IDX: TLKM), dinilai sukses.
Baca Juga: Tarik Pendanaan Global, Fintech Indonesia Kalah dari Vietnam
Transformasi bisnis Telkomsel dinilai sukses kali ini datang dari periset pasar global Frost & Sullivan yang berbasis di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.
Telkomsel merupakan perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia dengan jaringan infrastruktur terluas.
Kesuksesan transformasi bisnis Telkomsel dari perusahaan operator telekomunikasi seluler menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco company) itu ditandai dengan pemberian dua penghargaan sekaligus.
Dua penghargaan itu antara lain “2019 Indonesia Data Service Provider of the Year” dan “2019 Indonesia Telecom Service Provider of the Year” diberikan di Singapura pada Kamis pekan lalu.
Baca Juga: Faktor Kunci Fintech Singapura Unggul dalam Pendanaan Global
“Ini sebuah bentuk pengakuan keberhasilan transformasi bisnis Telkomsel yang terus bergerak maju bertransformasi menjadi digital telco company menghadirkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital terdepan,” ungkap Riny Novitriyanti, Vice President Analytics and Market Research Telkomsel.
Transformasi bisnis Telkomsel dinilai sukses, salah satunya diukur dari kinerja keuangannya. “… kinerja keuangan Telkomsel yang semakin menunjukkan tren positif serta meningkatnya kontribusi bisnis digital terhadap pendapatan Telkomsel,” jelas Riny.
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.
[nextpage]
Tumbuh Signifikan
Untuk diketahui, hingga kuartal 3/2019 bisnis layanan berbasis digital Telkomsel tumbuh signifikan, yakni 27,6%. Pertumbuhan itu memberikan kontribusi 63,1% terhadap total pendapatan perusahaan.
Baca Juga: Daya Saing “Data Center” Indonesia Nomor Buncit
Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan 27,4% penggunaan layanan data dan 31,2% layanan digital. Riny menyebutkan, pelanggan layanan data Telkomsel kini mencapai 112 juta atau 65% dari total pelanggan Telkomsel.
Bisnis layanan berbasis digital Telkomsel tumbuh signifikan.
Sampai saat ini, Telkomsel merupakan perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia dengan jaringan infrastruktur terluas—yang menurut data perusahaan telah menjangkau 99% populasi nasional.
Telkomsel memiliki lebih dari 209.000 unit base transceiver station (BTS), yang 76% atau sekitar 159.000 BTS-nya sudah mendukung jaringan broadband (3G/4G).
Baca Juga: 24 Tahun Telkomsel, Menguasai 168 Juta Pelanggan
Riny menambahkan, transformasi bisnis Telkomsel dinilai sukses berkat semua elemen Telkomsel, baik karyawan, pelanggan, dan pelaku industri terkait.
“Ke depan, kami akan terus menghadirkan inovasi dan kerja sama untuk pengembangan ekosistem digital di Indonesia,” ujarnya.●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.
You may like
-
Rupanya Begini Tindak Lanjut Investasi Telkomsel ke Gojek
-
6.050 Menara Telekomunikasi Telkomsel Dialihkan ke Mitratel
-
Telkomsel Raih The Most Innovative Telecom Service Provider
-
Telkomsel Rilis Telkomsel Orbit, Apa Itu?
-
Inilah Susunan Direksi Telkomsel yang Baru
-
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% Saat Natal-Tahun Baru
-
Modal Paket Ilmupedia Rp25.000 Bisa Belajar di Ruangguru
-
PrivyID Raih Investasi Seri A2 dari Telkomsel
-
Inilah Alasan Telkomsel Berinvestasi di Kredivo