Published
5 years agoon
Jumlah pengguna Facebook terus naik, tapi pendapatan bersihnya justru turun. Kok bisa?
California, TechnoBusiness ● Lima tahun lalu sejumlah analis meramalkan jumlah pengguna Facebook akan turun menyusul kejenuhan pengguna muda dan masuknya keluarga tua.
Baca Juga: Octi Lawan Facebook dengan Teknologi Augmented Reality
Tapi, sampai hari ini jumlah pengguna Facebook terus bertambah dan perkiraan analis-analis itu berhasil dipatahkan.
Berdasarkan laporan Facebook, Inc. (Nasdaq: FB) pada Rabu (29/1), jumlah pengguna Facebook yang aktif secara bulanan (monthly active users) per 31 Desember 2019 tembus 2,5 miliar.
Baca Juga: Selamat Datang Selfin, Penantang Baru Facebook
Jumlah itu naik 8% dibanding jumlah pengguna Facebook yang aktif secara bulanan pada 31 Desember 2018.
Sedangkan jumlah pengguna Facebook aktif harian (daily active users)-nya per 31 Desember 2019 naik 9% dibanding tahun lalu menjadi 1,66 miliar akun.
Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan Facebook memiliki kuartal dan akhir tahun yang baik karena komunitas dan bisnisnya terus tumbuh.
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.
[nextpage]
“Kami tetap fokus pada membangun layanan yang membantu orang tetap terhubung dengan mereka yang mereka sayangi,” ujar Zuckerberg.
Baca Juga: SociaBuzz Tribe Mudahkan Kreator Konten Dapat Uang dari Fans
Atas basis jumlah pengguna sebanyak itu, Facebook mengeruk pendapatan sebesar US$70,7 miliar, naik 27% dibanding US$55,8 miliar pada 2018.
Pendapatan terbesar disumbangkan oleh periklanan, yaitu sebesar US$69,65 miliar, naik dari US$55,01 miliar.
Baca Juga: CEO Trip.com Jane Sun: Pariwisata Hasilkan 10,4% PDB Global
Pendapatan selain iklan hanya menyumbangkan US$1,04 juta, yang juga naik dari US$825 juta.
Meski pendapatannya naik, pendapatan bersih (net income) Facebook justru turun 16% dari US$22,11 miliar menjadi US$18,48 miliar.
Baca Juga: Rata-Rata CEO di Dunia Pesimistis Terhadap Laju Perekonomian
Melihat laporan keuangannya, penurunan itu disebabkan oleh total pengeluaran yang naik hingga 51% dari US$30,92 miliar menjadi US$46,98 miliar.
Pendapatan operasionalnya pun turun 4% dari US$24,91 miliar menjadi US$23,98 miliar. Alhasil, keuntungan per sahamnya turun dari US$7,57 menjadi US$6,43.●
—Philips C. Rubin, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Facebook
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.
Pendapatan Facebook 2020 Tumbuh 22% jadi US$85,96 Miliar
Facebook Lakukan Sejumlah Langkah dalam Penanganan Covid-19
Ssstt, Facebook akan Buka Kafe di Inggris!
Larang Iklan Bitcoin, tapi Facebook Luncurkan Produk Serupa
Facebook Berpotensi Didenda Hingga US$5 Miliar Akibat Skandal Data
MIT Sloan: Kontribusi Facebook Terhadap Ekonomi Besar
Pengguna Facebook Mencapai 2,32 Miliar. Berapa dari Indonesia?
Cerita di Balik Skandal Data Cambridge Analytica-Facebook
Facebook Marketplace Diramaikan oleh 700 Juta Orang per Bulan