Published
4 years agoon
Penjualan ponsel pintar Xiaomi pada kuartal 3/2020 berhasil mengalahkan Apple iPhone. Kok bisa?
California, TechnoBusiness US • Penjualan ponsel pintar global selama kuartal 3/2020 tercatat sebanyak 366 juta unit, dari total 401 juta unit secara keseluruhan (termasuk non ponsel pintar).
Baca Juga: Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal 3/2020 Turun 5,7%
Yang menarik, berdasarkan penghitungan periset pasar Gartner, Inc. (NYSE: IT), penjualan ponsel pintar Xiaomi, merek asal China, mengalahkan Apple untuk pertama kalinya.
Samsung asal Korea Selatan masih memegang status pemimpin pasar dengan penjualan lebih dari 80,8 juta unit dalam satu kuartal sehingga menguasai 22% pangsa pasar.
Huawei asal China menempati posisi kedua setelah berhasil menjual sebanyak 51,8 juta unit atau merebut 14,1% pangsa pasar.
Baca Juga: Pengiriman Ponsel Pintar Global “Rebound” di Akhir Tahun
Di posisi ketiga ternyata bukan lagi Apple, merek andalan asal Amerika Serikat, melainkan Xiaomi dari Negeri Panda.
Xiaomi, yang baru masuk ke pasar pada April 2010, secara konsisten menggerogoti merek-merek ponsel raksasa, termasuk Apple.
Buktinya, pada kuartal 3/2020, penjualan ponsel pintar Xiaomi mencapai 44,4 juta unit dan merebut 12,1% pangsa pasar.
Baca Juga: Tren Bekerja: 74% Karyawan Ogah Kembali ke Kantor
Penjualan ponsel pintar Xiaomi itu bahkan melewati Apple untuk pertama kalinya. Sebab, dalam masa penghitungan, Apple hanya menjual 40,5 juta unit atau 11,1% pangsa pasar.
[perfectpullquote align=”left” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Xiaomi secara konsisten menggerogoti merek-merek ponsel raksasa, termasuk Apple.[/perfectpullquote]
Di bawah Apple, ada Oppo yang menjual 29,8 juta unit atau 8,2% pangsa pasar. Lalu, merek lain menyumbangkan 119,1 juta unit atau 32,5% pangsa pasar.
Jika membaca data yang ada, Xiaomi memang menjadi merek satu-satunya melejit penjualannya. Bayangkan, ketika merek lain turun, penjualan ponsel pintar Xiaomi justru tumbuh 34,5%.
Baca Juga: Studi Global: Mungkin Kita Tak Pernah Kembali ke Kantor
Apple, merek yang diimpi-impikan banyak orang di dunia, justru mencetak penjualan yang terus merosot.
Research Vice President Gartner Annette Zimmermann memperkirakan merosotnya penjualan ponsel pintar Apple dikarenakan adanya penundaan pengiriman dari generasi baru iPhone.
“Tahun-tahun sebelumnya pengiriman Apple iPhone dimulai pada pertengahan atau September,” ungkap Zimmermann.
Baca Juga: EY: Perilaku Konsumen di Banyak Negara
Tapi, tahun ini, lanjut dia, acara peluncuran dan pengiriman iPhone dilakukan empat minggu lebih lambat dari biasanya.•
—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US • Foto: Xiaomi
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.