Penjualan ponsel pintar global kuartal 3/2020 masih lebih sedikit dibanding setahun lalu.

Penjualan ponsel pintar global pada kuartal 3/2020 mengalami penurunan sebesar 5,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Connecticut, TechnoBusiness Insights • Penjualan ponsel pintar global pada kuartal 3/2020 tercatat sebanyak 366,6 juta unit, turun 5,7% dibanding kuartal yang sama pada 2019.

Baca Juga: Kata “Pandemi” Dinobatkan Sebagai Word of The Year 2020

Berdasarkan periset pasar Gartner, Inc (NYSE: IT), penjualan ponsel pintar global kuartal 3/2020 itu sebenarnya sudah lebih baik setelah dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan hingga 20%.

Sayangnya, penjualan ponsel pintar global kuartal 3/2020 itu tetap saja lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu, sekalipun didukung oleh penjualan perangkat 5G.

“Konsumen membatasi pengeluaran diskresioner mereka, meskipun beberapa kondisi lockdown sudah membaik,” kata Direktur Riset Senior Gartner Anshul Gupta, Senin (30/11).

Baca Juga: Pengiriman Ponsel Pintar Global “Rebound” di Akhir Tahun


Karena itu, penjualan ponsel pintar global mengalami pertumbuhan moderat belakangan ini. Hal itu akibat pengaruh dari permintaan yang tertunda dari kuartal-kuartal sebelumnya.

%titleKetidakpastian ekonomi dan ketakutan yang terus berlanjut terhadap gelombang pandemi, yang menyebabkan konsumen menahan pembelian, tak berhenti memberikan tekanan.

Atas segala gejolak yang ada, Samsung asal Korea Selatan tetap berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam penjualan ponsel pintar global terbanyak.

Pada kuartal 3/2020, Samsung menjual sebanyak 80,8 juta unit ponsel pintar, naik 2,2% dibanding periode yang sama tahun lalu, sehingga menguasai 22% pangsa pasar.


Baca Juga: Tren Bekerja: 74% Karyawan Ogah Kembali ke Kantor

Penjualan ponsel pintar global kuartal 3/2020 sudah lebih baik, tapi…

Huawei asal China menjual 51,8 juta unit atau 14,1% pangsa pasar; lalu Xiaomi yang juga asal China menjual sebanyak 44,4 juta unit atau 12,1% pangsa pasar.

Apple, merek andalan asal Paman Sam, terus melorot ke urutan keempat dengan menjual sebanyak 40,5 juta unit dan memperoleh pangsa pasar sebesar 11,1%.

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Gartner, November 2020

Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here