Penelusuran kata “pandemi” tahun ini melonjak hingga 13.500%, yang kemudian dinobatkan sebagai Word of The Year 2020 oleh Dictionary.com.

California, TechnoBusiness US • Dictionary.com, kamus bahasa online yang kini dimiliki oleh Quicken Loans LLC (NYSE: RKT), perusahaan pemberi pinjaman hipotek asal Detroit, Michigan, menobatkan kata “pandemi” sebagai Word of The Year 2020.

Baca Juga: Tadpole Finance Buatan Indodax Diperdagangkan di Korea Selatan

Penobatan “pandemi” atau “pandemic” menjadi World of The Year 2020 itu dilakukan setelah mempertimbangkan kemunculan pandemi COVID-19 yang efeknya luar biasa bagi seluruh sektor kehidupan masyarakat.

Selain itu, kata “pandemi” dipilih menjadi World of The Year 2020 karena memang tampil sebagai kata yang paling dicari dan disebutkan tepat satu tahun belakangan ini, sejak pandemi COVID-19 muncul di Wuhan, China.

“Pandemi” tidak hanya mengubah perilaku sosial dan iklim ekonomi, tapi juga mengubah bahasa, memicu kelahiran kosa kata baru, dan lain sebagainya. Alhasil, pencarian kata “pandemi” pun marak.

Baca Juga: Mengintip Strategi Pemasaran Digital Qoala pada 2021


“Pandemi telah mengubah segalanya, termasuk bahasa kita,” kata John Kelly, Senior Research Editor Dictionary.com, dalam pengumumannya di Oackland, California, Senin (30/11).


Kata “pandemi” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “semua orang”.

Kata “pandemi” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “semua orang”. Pada 11 Maret lalu, World Health Organization (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.

Sejak itu, semua orang harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin.

Kantor-kantor dan tempat ibadah harus ditutup. Di masyarakat, lalu muncul istilah “pandemi ekonomi”, “pandemi sekolah”, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hiremii Agresif di Pasar Perekrutan Karyawan Australia Barat

Pencarian kata “pandemi” pun melonjak lebih dari 13.500% di Dictionary.com dibanding 2019, sebelum pandemi tiba.

Itu sebabnya, kata “pandemi”, yang berarti “penyakit yang menyebar ke seluruh negara, benua, atau bahkan dunia”, dinobatkan sebagai Word of The Year 2020.

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here